Program Lulus Tepat…

Program Lulus Tepat Waktu Teknik Elektro


Pendidikan di Prodi Teknik Elektro saat ini menggunakan Kurikulum Teknik Elektro 2019. Struktur mata kuliah di kurikulum ini mendukung bagi mahasiswa Teknik Elektro untuk dapat lulus tepat waktu, yaitu 4 tahun atau 8 semester. Untuk dapat mencapai hal tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan bagi mahasiswa:
1. Ikuti petunjuk Dosen Pengampu Akademik (DPA) dalam Pengisian KRS
Pengambilan KRS mata kuliah di Teknik Elektro telah diatur oleh sistem, dan sangat kecil peluang bagi mahasiswa untuk melakukan kesalahan dalam pengambilan mata kuliah. Namun demikian, para mahasiswa diharapkan tetap berkonsultasi pada DPA dalam pengisian KRS. Terutama dalam hal:
- pengambilan mata kuliah di semester atas jika mendapat jatah lebih banyak dari seharusnya.
- meninggalkan mata kuliah di suatu semester atas jika mendapat jatah lebih sedikit dari seharusnya. Prioritas mata kuliah yang ditinggalkan mestinya yang tidak menjadi prasyarat bagi mata kuliah di semester berikutnya.
- pengambilan mata kuliah pilihan.

2. Dapatkan jawaban tugas dan soal ujian dari kakak kelas
Materi kuliah disusun mengikuti kurikulum yang ada. Tipe tugas dan soal ujian pada hakekatnya akan sama dari tahun ke tahun. Untuk itu, usahakan mendapatkan contoh jawaban tugas dan ujian (UTS dan UAS) dari kakak kelas, sehingga akan mendapat gambaran tugas atau soal ujian yang akan diberikan. Tidak menutup kemungkinan beberapa tugas atau soal ujian tahun ini akan sama persis dengan tahun kemarin.

2. Ikuti remidi jika nilai ujian kurang memuaskan.
Setelah mendapat nilai akhir dari suatu mata kuliah, jika nilai kurang memuaskan, segera ikuti remidi. Jangan menunda perbaikan dengan mengambil kembali mata kuliah tersebut di tahun depan atau mengulang mata kuliah. Mengulang suatu mata kuliah di tahun depan belum tentu dapat dilakukan karena jadwal mata kuliah tersebut dapat bertabrakan dengan mata kuliah lain. Remidi hanya dapat dilakukan atas mata kuliah yang diambil di semester berjalan.

3 Persiapkan Kerja Praktek sedini mungkin.
Bagi mahasiswa yang belum mendapatkan gambaran instansi tujuan Kerja Praktek dapat melihat di
Daftar Instansi Kerja Alumni dan Kerja Praktek Mahasiswa Teknik Elektro.
Terdapat beberapa syarat untuk melakukan Kerja Praktek, namun pengajuan surat permohonan Kerja Praktek tidak hanya mensyaratkan SKS kumulatif 80 SKS dan tidak perlu harus melakukan KRS Kerja Praktek. Lihat syarat pengajuan di Panduan Pelaksanaan Kerja Praktek Teknik Elektro.

4. Persiapkan Skripsi sedini mungkin dengan cara:
- mencari materi skripsi melalui beberapa literatur
- meneruskan Karya Penelitian Mahasiswa Teknik Elektro yang sudah ada
- meminta tema skripsi dari dosen
- materi skripsi dapat dikerjakan meskipun belum KRS Tugas Akhir, dalam hal ini mahasiswa dapat melakukan bimbingan skripsi kepada dosen secara informal.
- bimbinngan skripsi juga dapat terus dilakukan meskipun mahasiswa belum membayar SPP variabel Tugas Akhir.
- lihat contoh artikel ilmiah resume skripsi di Jurnal. Artikel resume skripsi yang diterima di jurnal akan menambah nilai Tugas Akhir.