FOCUS GROUP DISCUSSION…

FOCUS GROUP DISCUSSION KURIKULUM PRODI TEKNIK INDUSTRI BERSAMA ALUMNI


Prodi Teknik Industri Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO), mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Alumni, pada hari Sabtu (08/10/2022) secara Hybrid yang dihadiri oleh 6 alumni di ruang Galaxy, Gedung Halim Perdana Kusuma, Kampus ITDA. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Industri, Riani Nurdin, S.T., M.Sc.

Alumni yang hadir dalam FGD tersebut yaitu M. Annas Kurniyawan, S.T. (Assisten Manager Quality Assurance Merchant Area Desk Yogyakarta, PT. Mitra Transaksi Indonesia), Febriardy Fathur Hanif, S.T. (Asisten Manager Logistik, PT. Mitsubishi Chemical Indonesia), Ilham, S.T. (Heto Corporate Manager, PT BFI Finance Indonesia Tbk), Lalak Dwihanto, S.T. (Deputy Account Manager - Local Modern Trade Bali, PT. Unilever Indonesia), Andrean Satria Wibisono, S.T. (Kepala Divisi Debt & Leasing Management, PT. Sriwijaya Air), dan Yoga Chariansya Pratama, S.T. (Staff IE, PT. Ungaran Sari Garmen).

FGD Prodi Teknik Industri diadakan untuk memperoleh masukan dari para alumni dalam rangka akselerasi kurikulum yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif bekerja sama dengan mitra menuju Center of Excellence, yang juga didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2022. Diskusi  berlangsung menarik dan menghasilkan beberapa hal penting diantaranya menyelaraskan pembelajaran dengan beberapa aspek, yaitu kondisi perkembangan ilmu dan teknologi terkini di bidang Teknik Industri, digitalisasi industri, kemampuan menguasai alat bantu komputer, kemampuan berbahasa dan komunikasi, dan attitude lulusan.

Para alumni Teknik Industri juga memberikan masukan, diantaranya untuk pelaksanaan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” skema magang dilaksanakan dalam jangka waktu enam bulan untuk mendapatkan pengalaman yang utuh di dalam dunia industri, masukan terklait mata kuliah dan materi perkuliahaan pada bidang Engineering Management, masukan terkait mata kuliah dan materi perkuliahaan pada bidang Information Engineering, masukan terkait mata kuliah dan materi perkuliahaan pada bidang Engineering Economic Analysis, masukkan terkait softskill dan attitude, dan masukan terkait lulusan Prodi TI dapat ditempatkan di semua divisi area di industri manufaktur maupun di industri jasa.

Para Alumni merasa senang karena diberi kepercayaan untuk terlibat dalam pembentukan kurikulum Prodi Teknik Industri ITDA. Masukan ini akan ditindaklanjuti dan diharapkan menjadi langkah awal semakin berkembangnya Kurikulum Prodi Teknik Industri ITD ADISUTJIPTO yang inovatif, adapatif dan kolaboratif yang mengacu Outcome Based Education (OBE).