Teknik Elektro

Image Department
Teknik Elektro Sarjana (S-1) Teknik (ST) elektro@itda.ac.id
Akreditasi

B


Deskripsi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto telah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, berintegritas dan unggul di bidang Teknik Elektro. Dengan visi menjadi program studi yang unggul di bidang Teknik Elektro khususnya kedirgantaraan, program studi Teknik Elektro ITDA memimpin kemajuan di bidang pendidikan dan penelitian di bidang Teknik Elektro Kedirgantaraan. Program Studi Teknik Elektro ini telah mempunyai Akreditasi B.

Pendidikan di Teknik Elektro
Di prodi Teknik Elektro, para mahasiswa dapat mempelajari ilmu Teknik Elektro dari tingkat dasar hingga pengembangannya, dan dari pembangkit hingga aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari beserta teknologi yang terkait, misalnya: instrumentasi, kendali/kontrol, robotika, teknologi informasi, hingga kecerdasan buatan. Selain itu, lulusan mahasiswa prodi Teknik Elektro dibekali dengan sertifikasi internasional Phyton dan CCNA.
Selain pendidikan formal yang terstruktur, prodi Teknik Elektro juga menyediakan kesempatan kepada mahasiswa melalui berbagai kegiatan mahasiswa dan organisasi. Di samping itu, prodi Teknik Elektro juga memberikan kesempatan para mahasiswa untuk berprestasi secara akademik maupun non-akademik, melalui serangkaian lomba bertaraf nasional dan internasional, beasiswa, asisten praktikum, dan penelitian bersama dosen. Dengan serangkaian kegiatan tersebut, mahasiswa Teknik Elektro dapat menyempurnakan ilmu yang didapat di bangku kuliah.

Program Studi Teknik Elektro ITDA mempunyai dua peminatan/konsentrasi, yaitu: Teknik Elektronika Penerbangan/Kedirgantaraan (Avionik) dan Teknik Elektronika Telekomunikasi.

Teknik Elektronika Penerbangan/Kedirgantaraan (Avionik)
Di peminatan Teknik Elektronika Penerbangan/Kedirgantaraan atau Avionik, mahasiswa akan mendapat tambahan pengetahuan Teknik Elektro di avionik dan penerbangan/dirgantara, misalnya: instrument pesbang, komunikasi, navigasi dan kendali pesbang, radar dan autopilot. 

Teknik Elektronika Telekomunikasi
Di peminatan Teknik Elektronika Telekomunikasi prodi Teknik Elektro ITDA ini para mahasiswa mendapat tambahan ilmu Teknik Elektronika di bidang telekomunikasi, misalnya: pensinyalan, komunikasi teresterial dan satelit, komunikasi bergerak dan selular.

Alumni Teknik Elektro dan Prospek Kerja.


Visi Program Studi Teknik Elektro

Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang berkualitas dalam mengembangkan teknologi elektronika penerbangan/kedirgantaraan (avionik) dan elektronika telekomunikasi serta mampu bersaing di Asia Tenggara.


Misi Program Studi Teknik Elektro

Menjalankan pendidikan dan penelitian di bidang Teknik Elektro dalam rangka mengembangkan teknologi elektronika penerbangan/kedirgantaraan (avionik) dan elektronika telekomunikasi yang mampu bersaing di Asia Tenggara.


Tujuan Program Studi Teknik Elektro

1. Tercapainya pendidikan tinggi berkualitas di bidang Teknik Elektro khususnya teknologi elektronika penerbangan dan elektronika telekomunikasi.
2. Tercapainya lulusan yang berkualitas di bidang teknologi Teknik Elektro khususnya elektronika penerbangan dan elektronika telekomunikasi serta berjiwa enterpreneurship.
3. Tercapainya penelitian yang berkualitas dan inovatif di bidang elektronika terutama elektronika penerbangan dan elektronika telekomunikasi.
4. Tercapainya peningkatan peran program studi dalam pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan.
5. Terjalinnya kemitraan dengan industri dan lembaga yang relevan untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
6. Tercapainya manajemen program studi ke arah tata kelola yang baik (Good Governance), yaitu: efektif, efisien, dan akuntabel.