Prospek Kerja Teknik…

Prospek Kerja Teknik Elektro yang Sangat Menjanjikan, Sayang Dilewatkan


Prospek Kerja Teknik Elektro - Teknik elektro atau teknik listrik adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik elektro adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat elektron. Sekarang  ini, mahasiswa jurusan teknik elektron memiliki prospek kerja yang cukup menggiurkan.

Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi hingga pada pemanfaatanya oleh pengguna akhir. Teknik elektro juga dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Induknya Ilmu Teknik

Teknik elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik yang tertua. Teknik komputer adalah perpaduan antara teknik elektro dengan ilmu komputer dan yang terbaru, teknik telekomunikasi adalah salah satu sempalan dari teknik elektro. Jadi, bisa dibilang jurusan teknik elektro dapat menjadi salah satu alternatif jurusan pilihan yang tak kalah dari teknik komputer dan teknik telekomunikasi.

Apa yang Dipelajari Teknik Elektro?

Dalam teknik elektro, selain mempelajari berbagai ilmu dasar untuk rekayasa meliputi matematika, fisika dan kimia, mahasiswa juga akan diberikan informasi untuk mempelajari landasan pengetahuan teknologi kelistrikan mencakup tentang energi informasi dan isyarat. Pada beberapa kampus, jurusan ini dibagi lagi menjadi 2 yakni arus kuat dan arus lemah.

Arus kuat akan mempelajari tentang listrik tegangan tinggi atau kelistrikan. Sedangkan arus lemah akan mempelajari listrik tegangan lemah seperti elektro telekomunikasi, elektro komputer dan elektro kontrol. Di bawah ini beberapa bidang yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik elektro.

Belajar Bidang Bidang Listrik

Sebagai mahasiswa di jurusan teknik elektro nantinya akan mempelajari rangkaian listrik (circuit theory) yakni interaksi antara berbagai komponen listrik seperti resistor, kapasitor, diode, transistor dan induktor dalam suatu rangkaian listrik.

Selain itu, mahasiswa jurusan teknik elektro juga akan mempelajari mata kuliah inti seperti bidang teknik peminatan seperti teknik tenaga listrik (power engineering), kontrol (control engineering), elektronika (electronics), telekomunikasi (telecommunications) dan lain sebagainya.

Belajar Hitung Hitungan

Bidang yang akan dipelajari di jurusan teknik elektro selanjutnya adalah belajar hitung hitungan, seperti matematika. Bidang ini ditujukan untuk memperkuat kemampuan matematis mahasiswa seperti matematika teknik, kalkulus, metode numeric dan berbagai konsep kimia, fisika dan konsep teknologi.

Magang Langsung

Teknik elektro ini merupakan salah satu jurusan yang banyak membutuhkan praktik di dalam laboratorium maupun praktek langsung di lapangan. Untuk kebutuhan praktikum tersebut, banyak kampus dengan jurusan teknik ini yang bekerja sama dengan industri agar mahasiswanya mendapatkan akses kunjungan atau program magang.

Keuntungan mengambil jurusan teknik elektro adalah peluang kerjanya yang sangat terbuka di berbagai bidang saat sudah lulus. Teknik ini berhubungan erat dengan perkembangan teknologi. Jadi, tidak ada namanya sarjana teknik elektro yang tidak mempunyai peluang kerja.  Sebab, teknologi akan terus berkembang dan membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelolanya.

Sarjana teknik elektro dapat bekerja di berbagai bidang industri. Mulai dari sebagai teknisi komunikasi, teknisi sonar dan radar, spesialis sistem jaringan hingga ahli robotik. Selain itu, ada juga peluang bekerja di industri telekomunikasi, manufaktur, pembangkit listrik, IT hingga pertambangan dan perminyakan.

Kampus Jurusan Teknik Elektro

Sebagai induknya ilmu teknik, teknik elektro ini mempunyai cakupan yang sangat luas. Berasal dari sumber pembangkit tenaga listrik, kajian teknik elektro berlanjut pada sistem jaringan distribusi sampai pemanfaatannya oleh pengguna akhir.

Kuliah teknik elektro terbaik di Indonesia tersedia pada banyak pilihan universitas dan kampus negeri maupun swasta. Hingga saat ini, jurusan teknik elektro masih menjadi pilihan favorit masyarakat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah permintaan setiap tahunnya. Salah satu kampus yang recommended adalah sekolah kedirgantaraan Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta.

Prospek Kerja Teknik Elektro

Di bawah ini ada beberapa prospek kerja teknik elektro saat lulus S1 jurusan teknik elektro. Di antara prospek kerja tersebut adalah:

Electrical Design Engineer

Insinyur desain listrik bisa bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi dan sebagainya. Profesi ini mirip dengan insinyur lainnya, namun lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan.

Selain itu, electrical design engineer juga memberikan layanan pemeliharaan atau pemasangan untuk sistem kelistrikan yang ada. Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer adalah 98 juta per tahun, bergantung bidang dan perusahaan tempat kerjanya.

Robotic Engineer

Industri otomotif dan robotik yang kian masif seiring dengan perkembangan teknologi, sangat membutuhkan peran robotik engineer untuk memproduksi robot. Robot engineer tidak melulu menciptakan robot berbentuk seperti manusia, namun juga robot ini dikembangkan menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan untuk memudahkan pekerjaan manusia dengan gaji rata-rata 98 juta per tahun, bahkan bisa lebih.

Hardware Engineer

Hardware engineer bertanggung jawab dalam membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya. Tugasnya mulai dari merancang dan mengkompilasi komponen seperti prosesor komputer, hard drive, papan sirkuit hingga chip agar efisien saat digunakan.

Bekerja sebagai hardware engineer berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan teknologi terbaru. Rata-rata gaji yang akan didapatkan oleh lulusan teknik elektro yang menjadi hardware engineer adalah 98 juta per tahun bahkan bisa lebih.

Project Engineer

Masih terkait prospek kerja teknik elektro, selanjutnya adalah bisa menjadi seorang project engineer. Profesi ini adalah profesi yang menggabungkan bidang engineering dan manajemen proyek. Rata-rata gaji yang didapatkan adalah 98 juta per tahun dan bisa lebih untuk level yang lebih tinggi, merujuk Glassdoor.

Analis Sistem

Lulusan teknik elektro juga dapat menjadi seorang analis sistem. Seseorang yang berprofesi sebagai analis sistem bertanggung jawab dalam memelihara dan meningkatkan sistem organisasi.

Pegawai Negeri Sipil

Prospek kerja teknik elektro industri selanjutnya adalah bisa menjadi seorang PNS atau pegawai negeri sipil. Pekerjaan satu ini sangat diminati oleh hampir semua masyarakat Indonesia, sebab jenjang karir yang mapan dan gaji yang stabil. Lulusan teknik elektro bisa menjadi PNS khususnya pada bidang energi dan sumber daya mineral.

Kerja di BUMN

Selain sebagai PNS, prospek kerja bagi lulusan teknik elektro selanjutnya adalah bekerja di BUMN. Umumnya lulusan elektro bisa bekerja di bidang telekomunikasi dan energi. Kelebihan jika bekerja di BUMN antara lain adalah gaji tinggi, jenjang karir dan asuransi.

Biomedical Engineer

Setiap lulusan jurusan teknik elektro juga memiliki prospek kerja di dunia medis dengan bekerja sebagai biomedical engineer. Walaupun profesi ini tergolong baru di Indonesia, namun tidak berarti lulusannya tidak memiliki prospek masa depan yang cerah.

Pengusaha

Prospek kerja teknik elektro terakhir adalah bisa menjadi seorang pengusaha. Di era sekarang ini, menjadi pengusaha merupakan pekerjaan yang diminati oleh generasi muda. Di antara bisnis yang dilakukan oleh lulusan S1 teknik elektro adalah instalasi listrik, startup dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai prospek kerja teknik elektro untuk lulusan S1 teknik elektro. Semoga artikel ini memberikan manfaat, untuk artikel lainnya, kunjungi laman website resmi Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta.