Kenalan dengan Flight…

Kenalan dengan Flight Operation Officer, Profesi Menarik di Dunia Penerbangan


Di dalam dunia penerbangan terdapat salah satu profesi yang cukup menarik perhatian. Profesi tersebut adalah Flight Operation Officer (FOO). Meskipun tidak seterkenal Pilot ataupun Pramugari, profesi yang satu ini mulai dikenal oleh masyarakat luas beberapa tahun terakhir.


Profesi FOO ini mulai akrab di telinga setelah tragedi jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 di perairan Selat Karimata. Namun sebenarnya apa itu Flight Operation Officer? Flight Operation Officer adalah orang yang bertugas untuk mengendalikan operasional penerbangan. 


Jadi FOO ini akan bekerja sama dengan para Pilot, Pramugari, Teknisi, dan berbagai unit pendukung lainnya. Untuk menjadi seorang FOO, berarti harus mengambil sekolah FOO terlebih dahulu. Menjadi seorang FOO tidaklah mudah, itulah sebabnya proses seleksi untuk sekolah FOO juga tidak sembarangan.

Tugas Seorang FOO

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, menjadi seorang FOO bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan Flight Operation Officer tugasnya berat, jadi tidak semua orang bisa mengerjakannya. Berikut beberapa tugas yang dijalankan oleh seorang petugas operasi penerbangan.


1. Bertanggung Jawab Atas Keamanan Penerbangan

Seorang FOO bertanggung jawab atas keamanan penerbangan bersama dengan pilot. Selain itu FOO juga memiliki tanggung jawab atas persiapan operasional serta pengendalian penerbangan. Dengan kata lain, menjadi seorang FOO bukanlah profesi yang main-main. Hal ini dikarenakan keamanan penerbangan merupakan tanggung jawab FOO.


2. Mengumpulkan dan Menganalisis Informasi

Seorang Flight Operation Officer tugasnya adalah untuk mengumpulkan serta menganalisis informasi penerbangan yang relevan. Selain itu FOO juga bertugas untuk  mempersiapkan rencana penerbangan, laporan, dan dokumentasi. 

Informasi yang dimaksud tersebut mencakup mengenai rute penerbangan yang akan diambil, ketinggian, tempat pendaratan alternatif, laporan cuaca, dan prakiraan cuaca selama penerbangan. Selain itu kondisi bandara, fasilitas navigasi, dan berbagai hal lainnya yang relevan juga termasuk tugas FOO.

3. Menyediakan Laporan

Tugas dari FOO selanjutnya adalah menyediakan laporan untuk kru cockpit. Bukan hanya itu saja, perihal dokumentasi pengarahan serta informasi sebelum dan selama penerbangan juga perlu disediakan oleh FOO. Dengan begitu, laporan mengenai penerbangan ini akan jelas sesuai kondisi yang ada.


4. Menginformasikan Setiap Perubahan

Ketika ada perubahan mengenai penerbangan, FOO bertugas untuk menginformasikannya ke kru yang ada. Misalnya saja seperti kondisi meteorologi dan berbagai kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi keselamatan penerbangan. Hal ini sesuai dengan poin pertama yakni FOO bertanggung jawab atas keamanan penerbangan.


5. Menginformasikan Perubahan Cuaca Terbaru

Cuaca di udara memang seringkali berubah-ubah, jadi seorang FOO bertugas untuk memberikan informasi terkait perubahan cuaca tersebut. Selain itu, FOO juga akan merekomendasikan mengenai rencana alternatif bagi penerbangan terkait.


Pemberian informasi tersebut dilengkapi dengan ketinggian, ketersediaan bahan bakar, hingga tempat pendaratan alternatif. Pemberian informasi tersebut merupakan tugas dari seorang FOO.


6. Menandatangani Dokumen Penerbangan

Dokumen terkait keterlambatan maupun pembatalan penerbangan, FOO juga akan ikut berperan. FOO akan ikut serta menandatangani dokumen tersebut. Dokumen ini akan dikeluarkan apabila kondisi penerbangan tidak aman dan mengancam keselamatan para penumpang.


7. Melakukan Monitoring

Seorang FOO juga akan melakukan monitoring terhadap kondisi cuaca, laporan posisi pesawat, hingga grafik navigasi aeronautika. Hal tersebut akan digunakan sebagai bahan evaluasi. Jadi pemantauan ini juga dilakukan oleh petugas operasi penerbangan.


8. Menyimpan Dokumen Perjalanan

Menyimpan berbagai dokumen atau catatan mengenai perjalanan merupakan tugas dari Flight Operation Officer. Dokumen tersebut juga mencakup mengenai kondisi pesawat, estimasi waktu penerbangan, berat kargo, kru kabin, dan berbagai hal lainnya yang menyangkut penerbangan.


9. Berkoordinasi dengan Departemen Lain

Tugas seorang petugas operasional penerbangan (FOO) selanjutnya adalah berkoordinasi atau berkomunikasi dengan departemen lain. Misalnya saja berkoordinasi dengan departemen pemeliharaan utilisasi pesawat dan jadwal penerbangan, serta berbagai pihak terkait yang ada di bandara.


10. Merespons Situasi Darurat

Seorang petugas operasional bandara bertugas untuk merespons berbagai situasi darurat mengenai penerbangan. Petugas operasional bandara akan mengkoordinasikan kegiatan serta menjalankan tugas sesuai prosedur dengan prosedur yang berlaku.


Selain itu Flight Operation Officer akan memberikan informasi kepada kru yang ada, apabila terjadi sesuatu hal di luar prosedur. Begitu pula kepada pihak yang berwenang, FOO juga akan memberitahukan situasi tersebut.

Syarat Menjadi Flight Operation Officer

Untuk menjadi seorang FOO haruslah memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Syarat menjadi FOO juga tidak mudah. Jadi tidak heran jika seorang Flight Operation Officer gajinya cukup menggiurkan. Seorang FOO bisa mengantongi gaji sekitar 20 juta setiap bulannya, angka yang cukup fantastis bukan?


Jadi tidak heran jika seleksi menjadi seorang FOO pun juga ketat. Tugas yang diemban seorang FOO tidaklah mudah. Hal tersebut bisa dilihat dari kejadian jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 tahun 2014 lalu. Jatuhnya pesawat tersebut berkaitan erat dengan tugas seorang FOO. 


Sehingga dibutuhkan tanggung jawab yang besar untuk menjalani profesi ini. Berikut beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan untuk menjadi seorang FOO di dunia penerbangan, diantaranya meliputi:

  • Pria atau wanita

  • Usia minimal 20 tahun

  • Minimal lulusan SMA/SMK/Sederajat

  • Sehat jasmani dan rohani

  • Menguasai bahasa Inggris

  • Tidak buta warna

  • Telah lulus berbagai tes pengetahuan dalam dunia penerbangan, diantaranya Air Law, Rule & Regulation, Air Traffic Services, Aerodynamics, Weight and balance, dan lain sebagainya.


Itulah tadi informasi mengenai profesi Flight Operation Officer. Untuk mendapatkan informasi mengenai dunia penerbangan seperti pesawat buatan Indonesia, silahkan kunjungi laman website ITD ADISUTJIPTO Yogyakarta. Temukan informasi menarik lainnya hanya di laman website ini.