Kebangkitan Industri…

Kebangkitan Industri Penerbangan Indonesia yang Semakin Maju


Hadirnya industri penerbangan di Indonesia membuat banyak kemajuan dalam bidang teknologi. Karena bukan hanya menjadi konsumen, Indonesia juga telah mampu membuat atau memproduksi pesawat terbang. Inilah yang menjadi kebangkitan industri penerbangan di Indonesia sehingga dapat bersaing dengan negara maju.

Bukan hanya mampu memproduksi pesawat terbang. Indonesia juga memiliki perusahaan perawatan dan maskapai (Airline). Membuat industri penerbangan di Indonesia semakin berkembang dan maju. Membangun sebuah industri penerbangan bukanlah sesuatu hal yang mudah. Karena perlu teknologi yang canggih dan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten.

Untuk itu pentingnya generasi muda Indonesia dapat serius dalam menjalani pendidikan. Agar industri penerbangan di Indonesia dapat terus berkembang ke arah yang jauh lebih baik. Terutama bagi sobat dirgantara yang mempunyai cita-cita menjadi insinyur atau pilot pesawat terbang.

Pengertian Industri Penerbangan


Deretan pesawat komersial airline, sumber: voi.id

Industri penerbangan atau pesawat terbang adalah industri penunjang penerbangan dengan membangun pesawat dan manufaktur suku cadang untuk pemeliharaan. Pesawat yang dibangun atau diproduksi umumnya digunakan untuk menunjang dalam pernerbangan sipil dan militer. Dalam proses produksi dan pemeliharaan pesawat terbang dilakukan sesuai dengan jenis sertifikat dan standar pertahanan yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah yang berwenang.

Sedangkan pengertian dari penerbangan adalah salah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, keselamatan, dan keamanan. Sehingga industri pernerbangan memiliki kaitan erat dengan proses manufaktur, pemanfaatan, dan keamanan.

Dengan adanya industri penerbangan kemajuan teknologi yang sangat pesat perkembangannya dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena teknologi yang digunakan dalam dunia penerbangan sangatlah canggih. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jenis pesawat terbang yang bermunculan baik sipil dan militer. Ditambah dengan pertumbuhan bisnisnya yang cukup pesat

Semua aspek yang dilakukan oleh industri penerbangan sangatlah memperhatikan dari segi keamanan dan keselamatan. Jadi, berdirinya sebuah industri penerbangan pada sebuah negara haruslah sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang sudah ditetapkan oleh pihak terkait yang berwenang dalam mengeluarkan izin.

Peluang Bekerja di Industri Penerbangan


Proses perakitan pesawat, sumber: flightzona.com

Dengan terus mengalami perkembangan baik dari segi teknologi dan inovasi membuat industri penerbangan juga memerlukan sumber daya manusia (SDM). Perlu untuk sobat dirgantara tahu! bahwa tidak sembarang orang yang dapat bekerja di industri penerbangan. Karena ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu, pendidikan yang sesuai dengan jurusan penerbangan dan memiliki sertifikasi.

Lalu bagaimana dengan peluang kerjanya? tentu peluang kerja di industri penerbangan sangatlah terbuka luas. Tinggal sobat dirgantara mempersiapkan diri sesuai dengan persyaratan dan memenuhi kriteria SDM yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk menunjang proses produksi pesawat terbang yang bukan hanya tentang teknologi yang digunakan. Namun, juga dari segi keamanan dan keselamatan juga sangat diperhatikan.

Dengan terbuka luasnya peluang kerja di industri penerbangan. Tentunya harus bisa sobat dirgantara manfaatkan. Terutama jika memiliki cita-cita atau profesi pekerjaan idaman di dunia penerbangan.

Kemajuan Industri Penerbangan Indonesia


Pesawat maskapai Indonesia, sumber: yogya.inews.id

Salah satu faktor yang mendorong kemajuan industri penerbangan di Indonesia adalah banyaknya daerah kepulauan. Tercatat kurang lebih ada 17.000 pulau sehingga, Indonesia terkenal dengan sebutan negara kepulauan. Dengan kondisi geografis negara Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau menjadikan pesawat terbang menjadi transportasi penghubung antar daerah yang sangat efisien.

Kemajuan industri penerbangan di Indonesia tidak lepas dari sosok visioner yaitu, presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Banyak sumbangsih yang diberikan terhadap negeri ini, khususnya di bidang pengembangan teknologi. Sehingga membuat Indonesia dapat dengan mudah bersaing dengan negara-negara maju yang juga mempunyai industri penerbangan.

Sejarah mencatat pesawat yang diproduksi oleh Indonesia dimulai dari berdirinya perusahaan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada tanggal 26 April 1976. Menjadi direktur utama IPTN Habibie sukses meluncurkan uji coba terbang pesawat N250 Gatot Kaca. Sekaligus menjadi  pesawat kebanggaan Indonesia karena diproduksi dan dibuat oleh anak negeri.

Selain industri manufaktur, kemajuan industri penerbangan di Indonesia juga didukung oleh hadirnya perusahaan maskapai. Memiliki fokus dalam menyediakan transportasi udara untuk memudahkan mobilitas antar pulau di Indonesia dan negara lain. Maskapai yang menjadi wajah Indonesia sekaligus ikon adalah Garuda Indonesia pastinya sobat dirgantara sudah mengetahuinya.

Ditambah dengan sumber daya manusia yang ada di Indonesia yang semakin berkompeten di bidangnya. Terutama pada bidang dirgantara membuat industri penerbangan di Indonesia semakin mengalami kemajuan. Hal dapat terlihat dengan mulai aktifnya produksi pesawat, terdapat perusahaan maintenance pesawat, dan perusahaan maskapai. 

Bukan hanya memikirkan dari segi bisnis semata tetapi, industri penerbangan yang ada di Indonesia saling bersinergi satu sama lain. Tujuannya satu yaitu, untuk memajukan kualitas penerbangan di Indonesia yang bisa jauh lebih baik lagi kedepannya.

Dari penjelasan informasi di atas mengenai kebangkitan industri penerbangan di Indonesia tentunya membuat sobat dirgantara semakin bangga bukan! Untuk bisa ikut berkontribusi penting juga untuk menempuh pendidikan yang sesuai.

Di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) Yogyakarta mempunyai Fakultas Teknik Kedirgantaraan. Bisa sobat dirgantara manfaatkan untuk menempuh pendidikan disana. Dengan jurusan pendidikan kuliah yang sesuai akan memudahkan sobat dirgantara menjadi SDM yang berkompeten dan siap ikut berkontribusi untuk memajukan industri penerbangan Indonesia.

Karena kemajuan industri penerbangan Indonesia ada ditangan sobat-sobat dirgantara. Jadi, terus semangat menjadi SDM yang unggul dan berkompeten untuk menghasilkan karya dan inovasi kebanggaan anak bangsa.

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat dirgantara ya!