8 Daftar Pesawat Buatan…

8 Daftar Pesawat Buatan Indonesia yang Mendunia


Kemajuan perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin pesat membuat karya anak bangsa semakin diakui oleh dunia. Salah satu teknologi yang membuat Indonesia semakin dikenal oleh dunia adalah pesawat terbang. Banyak negara yang mulai memesan pesawat buatan Indonesia karena memiliki desain yang multifungsi.

Desainnya yang multifungsi membuat banyak negara tertarik untuk membelinya. Hal ini dikarenakan pesawat buatan Indonesia bisa digunakan untuk kebutuhan militer, komersial, dan penerbangan pribadi. Tidak hanya dari sisi desainnya saja, teknologi pada pesawat terbang buatan Indonesia juga sudah menggunakan teknologi yang canggih.

Sobat dirgantara juga tentunya sangat bangga bukan? negara kita Indonesia mampu bersaing secara Internasional dalam bidang teknologi. Perkembangan dan kemajuan dari sebuah negara dinilai dari segi kesiapan dan kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi. Sehingga bukan terus menerus menjadi negara konsumen tetapi, menjadi negara yang dapat ikut andil menjadi produsen teknologi.

Pasti sobat dirgantara penasaran dengan apa saja sih pesawat buatan Indonesia yang mendunia? Untuk penjelasan lebih lanjutnya bisa sobat dirgantara simak berikut ini.

Sejarah Pesawat Buatan Indonesia


Pesawat N250 Gatot Kaca, sumber: airpaz.com

Sejak berdirinya Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada tanggal 26 April 1976 dan kini telah berubah nama menjadi PT. Dirgantara Indonesia. Dibawah kepemimpinan BJ Habibie yang menjadi direktur utama dan pendiri IPTN pada saat itu. Indonesia berhasil mencatatkan sejarah membuat pesawat terbang pertama hasil karya anak bangsa.

Pesawat pertama Indonesia dibuat dengan latar belakang dari letak geografis Indonesia yang terdiri dari gugusan pulau. Sehingga mendorong mantan presiden ke-3 RI BJ.Habibie dan menjabat menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) pada saat itu untuk membuat pesawat terbang. Didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di tambah dengan adanya perusahaan industri pesawat terbang.

Proyek pesawat terbang pertama Indonesia merupakan mimpi besar dari BJ Habibie untuk bisa membuat setiap daerah kepulauan yang ada di Indonesia dapat terkoneksi. Serta menjadi negara yang mandiri dan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk bisa memproduksi pesawat terbang sendiri.

Pesawat terbang pertama Indonesia diberi nama N250 Gatot Kaca. Kode N yang terdapat pada nama pesawat memiliki arti sebagai “Nusantara”. Sedangkan “Gatot Kaca” adalah nama pemberian dari presiden ke-2 RI Soeharto untuk prototipe pertama pesawat N250. 

Pesawat N250 memiliki spesifikasi mesin dual turboprop 2439 KW Allison AE 2100C dengan jumlah enam bilah baling-baling. Mampu terbang dengan kecepatan maksimal 610 km/jam dan kecepatan ekonomis pada 555 km/jam. Serta mampu terbang pada ketinggian jelajah 25.000 kaki di atas permukaan laut dengan daya jelajah mencapai 2040 km. 

Penerbangan perdana pesawat N250 pada tanggal 10 Agustus 1995, sekaligus diabadikan sebagai penanda dari hari Teknologi Nasional. Berhasil membuat pesawat terbang secara mandiri membuat Indonesia semakin percaya diri dengan potensi SDM dan teknologi yang dimiliki. Lewat PT. Dirgantara Indonesia keaktifan memproduksi berbagai jenis pesawat terbang mulai dihasilkan. Hasil pesawat terbang yang dibuat pun laku terjual di Mancanegara dan Internasional.

Pesawat Buatan Indonesia yang Mendunia

Berikut ini beberapa pesawat terbang hasil buatan Indonesia lewat industri penerbangan PT. Dirgantara Indonesia diantaranya:

1. CN295 


Pesawat CN295, sumber: PT Diragantara Indonesia

Pesawat multiguna buatan PT Dirgantara Indonesia yang bekerja sama dengan Airbus Defense & Space. Mampu membawa total 50 penumpang dan menggunakan mesin terbaru turboprop pratt & whitney PW127G yang dilengkapi dengan enam bilah baling-baling Hamilton Standard 586-F. Memiliki kemampuan untuk penerbangan ke daerah-daerah terpencil.

2. CN235-220 MPA


Pesawat CN235-220 MPA, sumber: tnial.mil.id

Menjadi pesawat yang sepenuhnya merupakan karya anak bangsa. Memiliki kemampuan dapat bertahan terbang selama 11 jam dengan time on radius  station 200 NM lebih dari 9 jam. Menggunakan mesin turboprop General Electric CT7-9C with 1,750 SHP each (1,870 SHP with APR) dengan empat bilah baling-baling Hamilton Standard HS 14 RF-21. Menjadi pesawat yang dirancang khusus untuk melakukan misi-misi tertentu seperti kemanusian, search and rescue (SAR), dan lain sebagainya.

3. NC212 Family


Pesawat NC212, sumber: wikiwand.com

Terdapat beberapa seri yaitu, NC212-200, NC212-400, NC212i, dan NC212i MSC. Mampu terbang selama 6 jam up to 8 jam dengan underwing tanks dengan Payload 2,060 kg Range yang dapat dicapai adalah 806 NM. Menggunakan tipe engine yang sama yaitu, turboprop Honeywell TPE-331-12JR-701C dengan empat bilah baling-baling Dowty Rotol type, constant speed propeller R334/4-82-F/13. Dengan desain pesawat yang simpel dan performa yang tangguh banyak digunakan untuk melakukan penerbangan misi khusus dalam berbagai jenis lingkungan.

4. N219 Nurtanio


Pesawat N219 Nurtanio, sumber: wahananews

Menjadi pesawat terbaru buatan PT Dirgantara Indonesia dengan menggunakan teknologi canggih pada sistem avionik. Memiliki konfigurasi desain pesawat yang multifungsi. Sehingga bisa digunakan untuk berbagai misi seperti Transportasi Pasukan, konfigurasi Evakuasi Medis, Transportasi Kargo, Pengawasan dan Search and Rescue (SAR).

Menggunakan tipe mesin PT6A-42 with 850 SHP dan mampu membawa 19 penumpang dengan MTOW adalah 7,030 Kg. Range penerbangan bisa mencapai dengan max fuel adalah 828 NM. Menjadi pesawat yang difungsikan untuk membuka, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan memelihara pertahanan dan keamanan daerah-daerah terpencil.

5. AS550 (Light Class Helicopters)   


Helikopter AS550, sumber: surabaya.tribunnews.com

Dengan karakteristik kemampuan deteksi yang rendah dengan jejak kecil sekaligus dilengkapi dengan sistem persenjataan. Fennec sangat efektif digunakan untuk semua operasi militer. Menggunakan mesin tipe 1 TURBOMECA ARRIEL 2 D Turboshaft mampu terbang dengan range with standard tanks adalah 346 NM.

6. AS565 MBe (Medium Class Helicopters)


Helikopter AS565 MBe, sumber: Marine National

Digunakan dalam operasi Anti Submarine Warfare (ASW), operasi Anti Surface Warfare (ASuW), dan armed scout/light attack missions, operasi khusus, kontrol/patroli keamanan maritim, Search and Rescue (SAR), maupun misi ringan lainnya. Menggunakan mesin tipe TURBOMECA ARRIEL 2N Turboshaft mampu terbang dengan range with standard tanks adalah 411 NM.

7. Superpuma Family (Heavy Class Helicopters)


Helikopter Superpuma, sumber: Wikipedia/Fox52

Tersedia dalam beberapa seri yaitu, AS332 C1e, H225 (EC225), dan H225M (EC725). Pesawat rotary wing bermesin ganda tipe TURBOMECA MAKILA 1A1 Turboshaft mampu terbang dengan range with standard tanks adalah 491 NM. Digunakan untuk melakukan misi militer dan mengangkut orang-orang penting. 

8. BELL 412EP (Medium Class Helicopters)


Helikopter BELL 412EP, sumber: PT Diragantara Indonesia

Digunakan sebagai pesawat rotary wing pengangkut untuk berbagai misi penerbangan. Memiliki kecepatan jelajah 130 Knot dan jangkauan hingga 402 NM dengan menggunakan mesin tipe PT6T-3D Twin Pac with 1,600 SHP. Dengan kemampuan dapat melakukan penerbangan siang dan malam.

Itulah informasi mengenai daftar pesawat buatan Indonesia yang mendunia dan sudah banyak diekspor ke berbagai negara. Bagaimana sobat dirgantara? semakin bangga bukan, dengan pesawat terbang hasil karya anak bangsa. 

Bila sobat dirgantara sedang mencari sekolah kedirgantaraan? Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) Yogyakarta bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena sistem pembelajarannya sesuai dengan ilmu dirgantara sehingga, menghasilkan lulusan yang siap untuk bekerja. 

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat dirgantara ya!