Apa Bedanya Pilot dan…

Apa Bedanya Pilot dan Copilot? Ini Ulasannya!


Tahukah Anda, bahwa untuk menerbangkan sebuah pesawat terbang tidak cukup hanya dengan pilot? Dibutuhkan pula sosok yang membantu pilot untuk menerbangkan sebuah pesawat. Sosok pembantu pilot itu biasa disapa dengan co-pilot. Lantas apa bedanya pilot dan copilot? Simak selengkapnya hanya di artikel ini.

Mengenal Pilot, Komandan Pesawat yang Mengudara

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata ‘pilot’? Barangkali kebanyakan dari kita akan menjawab pilot adalah seseorang yang mengemudikan pesawat terbang. Memang hal tersebut tidak salah. Hanya saja, seorang pilot memiliki kewajiban dan tanggung jawab lebih dari sekedar mengemudikan pesawat terbang.


Seorang pilot tidak hanya menerbangkan pesawat terbang, namun pilot juga seorang kapten atau pemimpin pada sebuah pesawat yang sedang mengudara. Sehingga keamanan juga segenap aturan keselamatan penerbangan dan juga pencegahan berbagai gangguan saat penerbangan merupakan tanggung jawab seorang pilot.


Saat mendapatkan jadwal penerbangan, seorang pilot akan menerbangkan pesawat sebagaimana flight plan atau rencana penerbangannya. Dalam menunaikan tugasnya, pilot tidak sendirian. Pilot selalu didampingi oleh copilot selama penerbangan berlangsung. Seragam pilot dan copilot yang hampir mirip membuat banyak orang keheranan mengapa ada dua pilot dalam satu penerbangan. 


Selama itu pula pilot dan copilot bersinergi mengemudikan pesawat terbang dengan bantuan sistem navigasi pesawat dan juga informasi-informasi petugas pelayanan lalu lintas penerbangan dan menara kontrol lalu lintas.

Beberapa Tugas Pilot yang Patut Diketahui

Ada beberapa tugas-tugas pilot yang perlu diketahui:

Pertama, Mengemudikan Pesawat Terbang

Tugas pertama ini adalah tugas pilot yang paling utama yang sangat penting, sebagai pengemudi pesawat terbang. Mengapa dibilang sangat penting? Karena keselamatan segenap penumpang bisa dibilang ada pada kepiawaian sang pilot dalam menunggangi pesawat. 


Sehingga untuk menjadi pilot yang boleh memimpin pesawat perlu sampai pada jenjang tertinggi pilot yaitu menjadi kapten atau komandan penerbangan, yang sudah mengantongi lebih dari 5000 jam penerbangan. Pada titik ini seorang pilot sudah dibilang seorang profesional yang memperhatikan banyak hal seperti cuaca dan sebagainya untuk menerbangkan pesawat.

Kedua, Jaga Keselamatan Penumpang

Seorang pilot yang baik bukan pilot yang hanya bisa menerbangkan pesawat dengan baik, namun ia juga yang bisa memastikan seluruh penumpang pesawatnya selamat sampai tempat tujuan. Lebih dari itu, seorang pilot juga perlu memastikan para penumpang merasa nyaman selama perjalanan dimulai. Sehingga seorang kapten penerbangan memastikan kenyamanan penumpang dari segi berkendara, sementara melayani keinginan penumpang selama penerbangan merupakan pekerjaan staff bandara yang lain seperti pramugari.

Ketiga, Kesehatan Diri yang Senantiasa Dijaga

Apabila profesi di bidang jasa transportasi lain tanggung jawab utamanya ada pada keselamatan konsumen, maka akan sedikit berbeda dengan penerbangan. Salah satu hal yang menjadi perhatian utama dalam transportasi penerbangan adalah kesehatan sang kapten. Seorang kapten yang hendak bertugas perlu melewati berbagai check up kesehatan yang ketat, karena tidak sedikit kapten yang kurang fit selepas landing pesawat.


Karena itulah, para kapten yang hendak bertugas diwajibkan untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh, jiwa dan raga jauh sebelum jadwal penerbangan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Mengenal Copilot, Penanggung Jawab Navigasi Pesawat

Apa yang dimaksud dengan copilot? Kopilot adalah seorang yang membantu pilot untuk menerbangkan pesawat terbang. Copilot atau dalam bahasa penerbangan biasa dikenal dengan First Officer (FO) ini sebenarnya merupakan salah satu jenjang karir seorang pilot. 


Setelah menyelesaikan segenap administratif yang diantaranya biaya sekolah penerbangan, seorang mahasiswa dinyatakan lulus sebagai sarjana penerbangan. Setelah itu ia tidak serta merta langsung dapat menerbangkan pesawat terbang komersial dengan ratusan penumpang. Karir pilot diawali dengan menerbangkan pesawat kecil dengan dampingan kapten ahli. Pada titik ini seorang pilot biasa disebut sebagai Second Officer atau SO.


Second Officer yang sudah memiliki beberapa lisensi seperti MER dan ATPL, ia berhak naik ke jenjang karir berikutnya yakni First Officer (FO). Pada titik inilah seorang pilot sudah dibolehkan menjadi copilot membantu kapten dalam menerbangkan pesawat terbang. Salah satu tanggung jawab besar copilot ialah menjadi pemandu navigasi selama penerbangan berlangsung. Tidak hanya itu, copilot juga memiliki fungsi menggantikan pilot saat ada satu lain hal.


Apabila First Officer sudah lama mengudara dengan durasi jam tertentu, maka ia bisa naik ke jenjang pilot yang paling tinggi, yaitu kapten atau komandan penerbangan. Inilah tempat sejatinya seorang pilot, karena sudah boleh memimpin sebuah pesawat dengan ratusan penumpang. Namun perlu diingat, tanggung jawab di titik ini juga amat lah besar, karena harus memastikan keselamatan segenap penumpang dan awak kapal.

Apa Bedanya Pilot dan Copilot?

Lantas, apa bedanya pilot dan copilot? Secara umum sudah disinggung di atas, pilot merupakan kapten penerbangan yang sudah dibolehkan memimpin pesawat terbang. Berbeda dengan copilot yang merupakan pembantu kapten untuk menerbangkan pesawat. Namun secara detail, pilot dan copilot punya banyak perbedaan dari segi job dan sebagainya.


Seorang pilot atau kapten penerbangan wajib memastikan mesin pesawat berjalan dengan normal tanpa ada halangan rintangan. Tidak hanya itu, kapten juga punya tanggung jawab penuh terhadap pengecekan kondisi cuaca, rencana penerbangan, keamanan dan keselamatan penerbangan pesawat hingga para penumpang sampai di tujuan.


Apabila ada sesuatu baik perubahan ketinggian, hendak berubah rute, atau berbagai halangan lain maka pilot wajib melaporkan hal demikian ke menara kontrol terdekat. Hal ini agar menara kontrol terdekat dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi sebuah pesawat dengan memberikan satu dua solusi. Pilot wajib mencatat semua komunikasi dengan petugas menara kontrol.


Apabila ada situasi genting yang harus diselesaikan oleh pilot, pilot bisa mendelegasikan semua tugas menerbangkan pesawat kepada copilot, karena ia harus mengendalikan situasi darurat tersebut.


Sedangkan copilot memiliki tugas utama yaitu untuk membantu pilot menerbangkan pesawat terbang, khususnya membantu bertanggung jawab terhadap navigasi komputer dan juga komunikasi radio. Copilot juga sebagai pilot cadangan, yaitu apabila sebuah perjalanan penerbangan cukup jauh atau ketika pilot tiba-tiba mengalami sakit atau tidak sanggup memimpin penerbangan.


Selain itu, perbedaan yang paling mencolok ada pada jam terbang atau pengalaman yang dimiliki. Seorang pilot pastinya memiliki jam terbang yang lebih tinggi dari copilot yang bertugas. Sehingga apabila diamati dengan seksama, pilot mempunyai empat garis lencana di bahu seragam, sedang copilot biasanya memiliki dua atau tiga garis. Adapun posisi duduk pilot dan kopilot juga berbeda. Pilot ada di kiri sedang copilot ada di kanan.

Akhir kata, pilot dan copilot merupakan dua hal yang berbeda. Setelah mengetahui apa bedanya pilot dan copilot, semoga semakin menambah wawasan pembaca sekalian bahwa sebenarnya copilot adalah pilot dimasa depan, karena copilot merupakan salah satu jenjang karir seorang pilot. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.