Kunjungan ke Industri…

Kunjungan ke Industri Elektronika, Avionik dan Telekomunikasi


Untuk menambah wawasan mahasiswa, Departemen Teknik Elektro bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro mengadakan kegiatan Kunjungan Industri (Study Exursie). Kunjungan ini diikuti oleh 47 mahasiswa semester 2 dan 4 serta dua orang dosen pembimbing. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 26 Februari 2020 dengan tujuan ke: PT. GMF AeroAsia, PT Dirgantara Indonesia, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), dan PT. LEN Industri.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah agar mahasiswa mengenal kondisi terkini dunia kerja. Mahasiswa juga mendapat gambaran terkait aplikasi langsung beberapa Mata Kuliah khususnya pada Kompetensi Bidang Keahlian Elektronika Penerbangan (Avionik) dan Elektronika Telekomunikasi yang ada di Departemen Teknik Elektro.

Dunia kerja bagi lulusan Teknik Elektro bukanlah terbatas pada hal-hal yang teoritis. Melalui kunjungan industri ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengetahui dan membandingkan konsep perhitungan dan pengukuran instrumen elektronika, avionik dan telekomukasi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh selama kuliah. Lebih jauh lagi, tidak semua hal yang ada di lapangan dan di dunia kerja bisa didapatkan melalui teori di kelas maupun di laboratorium. Untuk itu, kunjungan industri ini juga membantu mahasiswa memperluas pengetahuan terutama hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja. Kunjungan industri ini diakhiri dengan mengunjungi obyek wisata Situ Patenggang (Bandung Selatan).

Berikut daftar perusahaan yang pernah menjadi tujuan kegiatan kunjungan industri:

  1. PT. GMF AeroAsia
  2. PT. Aero Nusantara Indonesia
  3. PT. Dirgantara Indonesia
  4. LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)
  5. BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)
  6. PT. LEN Industri
  7. PT. Telkomsel
  8. Depohar (Depo Pemeliharaan) 10 TNI AU, Bandung