Jangan Salah Pilih,…

Jangan Salah Pilih, Inilah Tips Tepat Memilih Jurusan Kuliah!


Perasaan bingung ingin masuk ke jurusan mana memang salah satu hal wajar yang sering dihadapi siswa kelas 12. Namun sebenarnya para siswa tidak perlu khawatir. Pasalnya ada berbagai tips memilih jurusan kuliah yang bisa membantu siswa kelas 12 yang akan lulus.


Kuliah merupakan bangku pendidikan yang diinginkan oleh banyak orang. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mengambil kesempatan tersebut. Salah satu hal yang bisa membuat orang tidak bisa melanjutkan kuliah adalah faktor ekonomi. Jika para siswa tersebut orang yang beruntung, maka bisa melanjutkan kuliah tanpa memikirkan biaya.


Jangan hanya karena bingung memilih jurusan, lalu melepaskan kesempatan untuk berkuliah. Ada banyak tips memilih jurusan kuliah SBMPTN sebelum para siswa mengikuti tes tersebut. Salah satu hal yang bisa dilakukan sebelum memilih jurusan adalah dengan mengetahui minat dan bakat. Jadi pastikan bahwa calon mahasiswa sudah tahu apa minat dan bakatnya.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah akreditasi. Namun ternyata bukan hanya itu saja. Meskipun akreditasi sudah bagus, jika calon mahasiswa tidak cocok berada di sana maka tidak akan berhasil. 


Jadi bagi para calon mahasiswa penting untuk mengetahui benar-benar apa yang menjadi keinginannya. Berikut beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa sebelum masuk bangku perkuliahan.

1. Ikuti Tes Memilih Jurusan Kuliah

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh calon mahasiswa ialah mengikuti tes minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah. Perlu dipahami bahwa setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Jadi perlu tahu apa yang menjadi minat dan bakat di dalam diri masing-masing, bukan diri orang lain.

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini penting sekali dilakukan oleh calon mahasiswa jika belum tahu apa yang menjadi minat dan bakatnya. Ketika sudah mengetahui hal yang menjadi minat dan bakat, maka akan lebih mudah untuk menentukan pilihan. Pilihlah jurusan yang tepat dan sesuai berdasarkan hasil tes minat bakat yang dijalani.

2. Cari Tahu Hal yang Disukai

Mencari tahu hal yang disukai itu termasuk hal penting dalam memilih jurusan kuliah. Pasalnya seorang mahasiswa tidak bisa dengan bebasnya berganti jurusan jika bosan. Ketika mahasiswa sudah memilih dan masuk ke dalam 1 jurusan, maka tidak bisa gonta-ganti lagi. 


Oleh sebab itu, perlu dipastikan bahwa jurusan tersebut mencakup hal-hal yang disukai oleh calon mahasiswa. Dengan begitu para mahasiswa bisa menyelesaikan kuliah dengan nyaman sesuai jurusan yang telah dipilih. 

3. Berdiskusi dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah berdiskusi dengan orang yang sudah berpengalaman. Misalnya saja seorang siswa memiliki keluarga atau kerabat dekat yang sudah memiliki pengalaman mengenyam bangku perkuliahan. Hal ini digunakan untuk membuka pikiran siswa tersebut supaya tidak berada di lingkup itu-itu saja.


Pikiran calon mahasiswa akan dunia perkuliahan dan kerja akan mulai terbuka jika berdiskusi dengan orang yang berpengalaman. Masukkan mengenai minat dan bakat yang ada di dalam diri calon mahasiswa ke dalam diskusi tersebut. Sehingga pikirannya bisa lebih terbuka dan tidak bingung lagi dalam memilih jurusan.


Orang yang diajak berdiskusi tersebut pun juga akan membantu dalam memilih jurusan. Orang terdekat itu akan menyampaikan pendapatnya mengenai dunia perkuliahan dan dunia kerja. Jadi calon mahasiswa bisa lebih mudah untuk memutuskan akan memilih jurusan kuliah yang mana.

4. Melakukan Riset Jurusan

Tips selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah ialah melakukan riset terlebih dahulu. Jika masih bingung dan galau mengenai jurusan yang akan dipilih, maka para siswa kelas 12 yang akan lulus bisa melakukan riset. Jadi mumpung masih ada cukup waktu, lebih baik cari dan gali informasi mengenai setiap jurusan sebanyak mungkin.


Siswa kelas 12 bisa meminta bantuan dari guru BK, kakak kelas yang sudah lulus, ataupun tentor yang ada di bimbel. Jangan termakan kata-kata orang mengenai buruknya suatu jurusan. Para calon mahasiswa pun juga bisa mencari tahu mengenai detail jurusan melalui internet. Cari tahu mengenai apa saja yang akan dipelajari hingga prospek kerjanya.


Mengetahui prospek kerja dari setiap jurusan itu juga penting. Dengan begitu calon mahasiswa bisa lebih mudah memahami jurusan mana yang sesuai dengan keinginan. Misalnya suka memasak dan selalu melakukan aktivitas tersebut, maka calon mahasiswa bisa menyesuaikan jurusan yang dipilih dengan minat dan bakat tersebut.

5. Jangan Ikut-Ikut Orang Lain

Hindari memilih jurusan berdasarkan pilihan orang lain. Maksudnya hindari untuk ikut-ikutan teman masuk ke jurusan tertentu. Jika begitu maka jurusan yang dipilih bukan berdasarkan minat diri sendiri, melainkan hasil dari orang lain. Apabila terlanjur masuk ke jurusan tersebut dan ternyata tidak cocok, maka akan merasa tidak nyaman.


Jadi jangan memilih jurusan kuliah berdasarkan “ikut-ikutan”. Cari tahu sendiri apa yang menjadi keinginan dan apa yang disukai. Jangan berpikiran jika tidak ikut dengan yang lain, maka nantinya tidak memiliki teman. Tidak perlu khawatir, ketika sudah masuk ke bangku perkuliahan nantinya akan memiliki banyak teman dan relasi.

6. Hindari Terpatok dengan 1 Jurusan

Ketika memilih jurusan kuliah, jangan hanya terpatok akan 1 jurusan saja. Diharapkan calon mahasiswa mempersiapkan rencana cadangan ketika nantinya tidak bisa lolos masuk ke jurusan tersebut. Memiliki keinginan kuat terhadap 1 jurusan memang tidak dilarang, namun jangan jadikan jurusan tersebut satu-satunya.


Jadi jika tidak diterima di jurusan akuntansi, maka calon mahasiswa bisa masuk ke jurusan lain misalnya perpajakan. Masih dalam 1 fakultas ekonomi, hanya beda program studi saja. Jadi ketika calon mahasiswa tidak keterima di jurusan akuntansi, maka masih memiliki peluang diterima di jurusan perpajakan.


Itulah tadi tips memilih jurusan kuliah yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa. Para siswa kelas 12 bisa mulai memikirkan untuk memilih salah satu jurusan yang ada Sekolah Kedirgantaraan misalnya. Sesuaikan saja dengan minat dan bakat yang dimiliki para siswa tentunya. 


Untuk informasi lebih lengkap mengenai Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta, bisa dengan mengunjungi laman websitenya langsung. Semoga dengan adanya artikel di atas dapat membantu para siswa kelas 12 yang sedang bingung memilih jurusan kuliah.