WEBINAR SOSIALISASI…

WEBINAR SOSIALISASI SISTEM INFORMASI PENGAJUAN ANGKA KREDIT DOSEN (E-PAKDOS)


Untuk meningkatkan kompetensi dosen-dosen di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) pada Rabu (4/8) diselenggarakan webinar “Sosialisasi Sistem Informasi Pengajuan Angka Kredit Dosen (E-PAKDOS) yang diikuti oleh Dosen dan Operator PAK Online, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) ITD ADISUTJIPTO dan para dosen dari Institusi Perguruan Tinggi yang lain, dengan mengundang narasumber Waskito Zamani, S.Kom., selaku Koordinator Pengembang PAK Online LLDIKTI Wilayah V DIY. Acara dimoderatori oleh Maria Asumpta Denny K, S.Pd., M.Hum selaku Kepala Biro Kerjasama dan Alumni melalui Zoom Meeting.

Acara diawali dengan sambutan Rektor ITD ADISUTJIPTO Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs T. Ken Darmastono, M.Sc.,yang menjelaskan bahwa ilmu tentang Sistem Informasi Pengajuan Angka Kredit Dosen ini adalah penyesuaian sesuai dengan perkembangan teknologi dimana para dosen diajak ikut serta didalam mengajukan maupun mengawal angka kredit dosen tersebut. Akan banyak manfaat dengan dikembangkannya aplikasi E-PAKDOS ini. Untuk hal tersebut webinar ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para dosen.

Menurut Waskito Zamani, S.Kom., memaparkan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) saat ini sangatlah penting bagi perguruan tinggi, baik untuk menjamin studi internal maupun eksternal karena tidak dipungkiri bahwa untuk akreditasi salah satu syaratnya adalah sudah melaksanakan SPMI. Ini juga berujung pada pengajuan angka kredit yang menjadi salah satu penjaminan mutu sumber daya di perguruan tinggi. Tujuan E-PAKDOS ini memperkenalkan solusi terintegrasi untuk pengelolaan pengajuan PAK, approval PAK, validasi PAK, hingga proses penetapan PAK secara online sesuai dengan panduan pengajuan dan penetapan PAK. Aplikasi E-PAKDOS ini dapat mempermudah dosen melakukan pengajuan angka kredit serta memonitoring progress status pengajuannya, membiasakan operator Perguruan Tinggi membantu dosen melengkapi bukti kegiatan yang diajukan dalam proses kenaikan jabatan fungsional sehingga lebih terukur dan sesuai dengan pengajuan yang ingin dicapai, membantu admin LLDIKTI mengelola pengajuan angka kredit mulai dari pengajuan jabatan, review kegiatan sampai kepada penilaian dan kelayakan terhadap jabatan fungsional yang diajukan dosen. Harapannya dengan diselenggarakannya webinar ini dosen dan operator Perguruan Tinggi memahami alur dan prosedur teknis menggunakan aplikasi E-PAKDOS.

E-PAKDOS merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu dosen, operator perguruan tinggi dan LLDIKTI Wilayah V dalam mengelola Pengajuan Angka Kredit Dosen. Banyaknya data dosen yang dikumpulkan dalam melakukan pengajuan, menyebabkan perlu adanya wadah yang menampung data dan historical. Sistem Informasi Pengajuan Angka Kredit Dosen digunakan oleh dosen untuk melakukan pengajuan angka kredit melalui portal dosen masing masing, kemudian data pengajuan akan masuk ke portal operator perguruan tinggi agar dapat membantu dosen melengkapi bukti kegiatan yang akan diajukan untuk kenaikan jabatan fungsional. Aplikasi ini juga membantu operator LLDIKTI dalam mengelola kegiatan yang diusulkan agar dapat di review oleh auditor sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing sehingga dapat mempermudah dalam memonitoring kegiatan pengajuan angka kredit dosen. Sistem Informasi Pengajuan Angka Kredit Dosen merupakan aplikasi berbasis web, sehingga memudahkan instalasi karena hanya dilakukan di sisi server, dan user dapat langsung mengakses aplikasi melalui browser.