Webinar Mengenal Dunia…

Webinar Mengenal Dunia Kerja Alumni Teknik Elektro ITDA


Saat ini dunia penerbangan/kedirgantaraan terus berkembang meskipun pandemi belum kunjung usai. Diperkirakan, akan terjadi booming (perkembangan pesat) teknologi kedirgantaraan setalah usainya pandemi nanti. Hal ini perlu dipersiapkan oleh bangsa Indonesia sejak sekarang mengingat ketersediaan pesawat terbang di negeri ini masih mengandalkan dari negara lain.

Lebih dari 50% kebutuhan di industri penerbangan adalah bidang avionik. Banyak alat navigasi yang dulu menggunakan teknologi analog, kini sudah beralih ke digital. Dan ternyata, perkembangan kebutuhan transportasi udara belum dapat diimbangi oleh ketersediaan sumber daya manusia yang handal di negara kita.

Prodi Teknik Elektro ITDA Yogyakarta merupakan salah satu prodi yang memiliki komitmen memajukan pendidikan dan berusaha menyediakan alumni yang unggul di bidang keahlian Teknik Elektro dan Dirgantara. Dengan misi menjadi prodi yang unggul di bidang Teknik Elektro Kedirgantaraan, Teknik Elektro ITDA selalu berusaha untuk memimpin kemajuan di bidang pendidikan dan penelitian di bidang Teknik Elektro dan Dirgantara. Usaha ini juga dalam rangka untuk mencetak para alumni Teknik Elektro dari konsentrasi Elektronika Penerbangan/Kedirgantaraan (Avionik) dan Elektronika Telekomunikasi agar dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Elektro Kedirgantaraan untuk tiga sampai lima tahun mendatang pada saat pandemi telah selesai.

Untuk memberikan gambaran kebutuhan tenaga kerja bidang avionik dan industri saat ini dan beberapa tahun mendatang, prodi Teknik Elektro menyelenggarakan Webinar Open Topik dengan Judul Mengenal Dunia Kerja Teknik Elektro ITDA. Kegiatan ini akan berlangsung tiga hari dengan jadwal berikut:

Sesi 1:
Selasa, 27 Juli 2021, pukul: 09.30 WIB - selesai
Opening Speakers: Ir. Sutjianto Soekarno, M.T.
Pembicara Alumni:

  1. Muhammad Andi Nova, S.T., M.Sc.
    Dosen Politeknik Negeri Batam
  2. Irma Hanum Amaliya Harahap, S.T.
    PT. Batam Aero Technic (BAT)


Lihat bagaimana kerja di perusahaan Avionik dan tips mencari beasiswa S2 di Taiwan dari alumni Teknik Elektro.

Sesi 2:
Rabu, 28 Juli 2021, pukul: 09.30 WIB - selesai
Pembicara Alumni:

  1. Zaana Baskoro, S.T.  
    PT. PAL Indonesia
  2. Suisbiyanto Prasetya, S.T. 
    Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Lihat bagaimana kerja sebagai enginer drone dan enginer di stasiun bumi LAPAN.

Sesi 3:
Kamis, 29 Juli 2021, pukul: 09.30 WIB - selesai
Pembicara Alumni:

  1. Saras Triseno, S.T.  
    PT. Bintang Mas Triyasa
  2. Rizzan Hazdiqqi, S.T.
    PT. Inovasi Solusi Transportasi Indonesia ”FROGS”


Acara ini tidak dipungut biaya (gratis) dan peserta webinar akan mendapatkan sertifikat.