Panduan Pelaksanaan…

Panduan Pelaksanaan Kerja Praktek


Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa. Pada mata kuliah ini, para mahasiswa diberi kesempatan untuk menerapkan ilmu-ilmu yang didapat pada berbagai mata kuliah di dunia kerja.

Syarat pengajuan surat permohonan kerja praktek ke perusahaan adalah:

  1. Menyerahkan surat permohonan Kerja Praktek (unduh disini)
  2. Menyerahkan transkrip nilai yang dicetak dari Sistem Akademik, dengan:
    • Minimal 80 SKS sesuai kurikulum
    • Terdapat dua mata kuliah pilihan atau wajib konsentrasi; atau KRS yang berisi dua mata kuliah pilihan atau wajib konsentrasi, dengan catatan Kerja Praktek dilaksanakan setelah kedua mata kuliah tersebut selesai ditempuh.
  3. Membuat Proposal Kerja Praktek (jika diminta perusahaan).

Kirimkan semua dokumen tersebut ke admin Prodi atau ke elektro@itda.ac.id. Surat Permohonan Kerja Praktek yang telah disetujui oleh Ketua Program Studi diserahkan ke Bagian Adminu untuk mendapatkan Surat Permohonan Kerja Praktek dari ITDA. Dosen pembimbing kerja praktek akan diumumkan setelah surat permohonan kerja praktek dari ITDA keluar. Mahasiswa harus melakukan bimbingan terlebih dahulu sebelum berangkat ke instansi tempat kerja praktek.

Hal-hal yang harus diperhatikan selama kerja praktek:

  1. Selama kerja praktek, mahasiswa juga harus tetap melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing. Bimbingan dapat dilakukan melalui media on-line.
  2. Mahasiswa tidak otomatis mendapat ijin untuk tidak mengikuti perkuliahan. Jika jadwal kerja praktek bersamaan dengan jadwal kuliah, maka mahasiswa harus mengajukan surat ijin dengan memasukkan surat balasan Kerja Praktek dari perusahaan yang berisi jadwal kerja praktek ke Bagian Opsjar (Akademik).
  3. Selesai kerja praktek mahasiswa harus meminta surat selesai kerja praktek dari instansi tempat kerja praktek.
  4. Setelah selesai kerja praktek mahasiswa wajib menyusun Laporan Kerja Praktek di bawah bimbingan dosen pembimbing.

Untuk mendapatkan nilai kerja praktek, mahasiswa harus mempresentasikan laporan Kerja Prakteknya dengan menjadi presenter pada seminar kerja praktek sesuai jadwal. Syarat untuk menjadi presenter pada seminar kerja praktek adalah:

  1. Mengisi formulir permohonan seminar kerja praktek.
  2. Menyerahkan print out KRS semester yang berlaku yang telah tercantum mata kuliah kerja praktek.
  3. Menyerahkan print out Data Tagihan Pembayaran yang dicetak dari Portal Mahasiswa yang menyatakan bahwa pembayaran SKS variabel Kerja Praktek telah lunas.
  4. Menyerahkan berkas laporan kerja praktek sebanyak 2 (dua) eksemplar (tidak dijilid).

Serahkan semua dokumen tersebut ke admin prodi atau kirim ke elektro@itda.ac.id (dalam format pdf). Seminar kerja praktek diikuti oleh dosen pembimbing dan penguji serta para mahasiswa Teknik Elektro. Seminar ini dilaksanakan secara daring.

Nilai kerja praktek akan keluar setelah laporan kerja praktek direvisi, ditandatangani oleh dosen pembimbing kerja praktek, dan dikumpulkan ke Program Studi. Agar nilai kerja praktek dapat dimasukkan ke KHS semester yang berlaku, laporan kerja praktek harus dikumpulkan sebelum semester yang berlaku selesai.

Tautan Terkait:

  1. Surat Permohonan Kerja praktek dan Skripsi
  2. Template Laporan Kerja Praktek
  3. Daftar Beberapa Instansi Kerja Praktek.