HM TEKNIK DIRGANTARA…

HM TEKNIK DIRGANTARA ADAKAN SEMINAR NASIONAL DENGAN TEMA “ AN IMPROVEMENT IN AIRCRAFT TECHNOLOGY ‘DOES IT INCREASE SAFETY LEVEL?’”


Seminar Nasional  Kedirgantaraan merupakan event tahunan dari Departemen Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). Seminar Nasional yang tahun ini mengusung tema An Improvement In Aircraft Technology “Does It Increase Safety Level?” dilaksanakan pada hari Kamis (20/6) bertempat di Ruang Adisutjipto, STTA.  Seminar kali ini menghadirkan narasumber bersama dengan Pilot of Batik Air, Capt. Vincent Raditya dan National Transportation Safety Committee (KNKT) Senior Of Air Investigator, Dr. Ir. Hisar Manongam Pasaribu. Acara dibuka oleh Wakil Ketua III, Wakil Ketua III, Kol.Sus (Purn) Drs. Suhanto, M.T., yang didampingi oleh Kepala Departemen Teknik Drgantara, Sri Mulyani, S.T., M.Eng., beserta para dosen Departemen Teknik Dirgantara.

 Kehadiran narasumber, Capt. Vincent Raditya sangat menarik perhatian mahasiswa, karena selain menjadi Pilot Batik Air, Capt. Vincent juga merupakan influencer yang aktif dalam dunia sosial media, khususnya Youtube dan Instagram. Pada sesi pertama, Captain Vincent memaparkan tentang pentingnya kemajuan teknologi dalam dunia penerbangan berdasarkan pengalamannya sebagai pilot pesawat komersil. Dalam sharingnya, Captain Vincent menceritakan juga bagaimana kecanggihan teknologi dari pesawat buatan Boeing dan Airbus. 

Sesi kedua Seminar Nasional Kedirgantaraan diisi oleh pembicara Dr. Ir. Hisar Manongam Pasaribu yang merupakan Investigator Senior dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Dr. Ir. Hisar Manongam Pasaribu memaparkan bahwa memang benar kemajuan teknologi yang digunakan pada pesawat terbang sudah sangat meningkatkan faktor keamanan, tetapi teknologi baru juga menimbulkan risiko baru karena mengubah cara manusia berinteraksi dengan sistem. Peningkatan keamanan juga merupakan cerminan dari manajemen risiko kelas satu di industri penerbangan, ditandai dengan meningkatnya kemampuan untuk mengidentifikasi masalah secara dini. Investigasi kecelakaan udara dan inspeksi keselamatan pesawat pun kini lebih efektif, karena hasilnya dapat digunakan untuk  peningkatan teknologi manufaktur dan kontrol kualitas yang lebih baik juga membuat pesawat lebih aman. Harapannya dengan adanya Seminar Nasional ini dapat mempersiapkan lulusan STTA, sehingga dapat memberikan kontribusinya dalam kemajuan teknologi kedirgantaraan.