PreThesis BootCamp #3

PreThesis BootCamp #3


Skripsi di Teknik Elektro merupakan mata kuliah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menuangkan gagasan dalam rangka menjadi bagian dari penyelesaian suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu Teknik Elektro atau yang serumpun. Kegiatan ini merupakan usaha untuk menggabungkan ilmu yang didapat di beberapa mata kuliah sehingga menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah berupa paparan dan tulisan hasil penelitian sarjana S1.

Di mata kuliah skripsi, mahasiswa ditantang untuk mampu memadukan pengetahuan dan ketrampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang diangkat berikut penyelesaiannya. Di mana semua kemampuan tersebut merupakan kompetensi yang harus ada pada diri seorang enginer bergelar Sarjana Teknik lulusan S1 Teknik Elektro.

Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir jenjang sarjana hanya digunakan di Indonesia, sedangkan tesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3. Namun beberapa negara lain menggunakan istilah thesis untuk penyebutan tugas akhir dengan riset untuk jenjang undergraduate (S1) dan postgraduate (S2).  

Dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing sebagai Pembimbing I (utama) dan Pembimbing II (pendamping). Biasanya, Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan, sedangkan Pembimbing II lebih ke pembimbingan tata tulis. Namun semua itu tergantung kesepakatan di antara kedua pembimbing.

Sebelum melakukan bimbingan, mahasiswa harus menentukan judul skripsi yang hendak dikerjakan. Mencari judul skripsi ini sangat krusial dan kadang dapat memakan waktu lama. Perlu banyak pertimbangan dalam menentukan judul skripsi. Kesalahan dalam memilih judul dapat menyulitkan saat mengerjakan skripsi.

Untuk mempermudah dalam penentuan judul skripsi, program studi Teknik Elektro kembali menyelenggarakan kegiatan PreThesis Bootcamp. Dalam kegiatan ini, beberapa dosen Teknik Elektro akan kembali menawarkan tema-tema skripsi yang dapat diambil mahasiswa. Beberapa tema merupakan bagian dari roadmap (peta jalan) penelitian di prodi Teknik Elektro yang menggambarkan arah penelitian Teknik Elektro ke masa depan. Beberapa tema skripsi sudah dikerjakan para senior, dan beberapa di antaranya sudah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, sehingga mahasiswa tinggal meneruskan/mengembangkan tema tersebut menjadi sebuah skripsi baru. Sesuai dengan Pedoman Skripsi di Teknik Elektro, tema yang diberikan dari para dosen dapat langsung dikerjakan tanpa menyerahkan proposal skripsi.

Kegiatan PreThesis Bootcamp #3 ini dilaksanakan secara daring pada hari Rabu, tanggal 19 Mei 2021 mulai pukul 10.00 WIB. Dengan kegiatan PreThesis Bootcamp #3 ini diharapkan para mahasiswa akan memahami bahwa skripsi di prodi Teknik Elektro ITDA tidak sulit dan dapat kerjakan dengan cepat.

Link terkait:
Lihat rekaman PreThesis BootCamp #3
Pedoman Skripsi di Teknik Elektro
Daftar judul skripsi Teknik Elektro
Publikasi penelitian/skripsi dari prodi Teknik Elektro

Skripsi itu seperti apa?
Apa saja yang dilakukan saat skripsi?
Bagaimana cara memilih judul skripsi?