DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO…

DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO ITDA SELENGGARAKAN WEBINAR “PENGENALAN DUNIA AVIONIK”


Avionik (Avionics = Aviation Electronics) merupakan peralatan elektronis yang digunakan di sebuah pesawat terbang. Perangkat avionik biasanya digunakan pada sistem navigasi, komunikasi, instrumen dan kontrol. Sistem Avionik mulai berkembang pesat pada era 1970-an. Sebelum itu, instrumen-instrumen pesawat terbang seperti radio, radar, sistem bahan bakar dan navigasi masih menggunakan sistem mekanis. Saat ini, dunia penerbangan sudah beralih dengan banyak menggunakan teknologi elektronika digital. Sistem avionik pun berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi ini. Salah satunya ditandai dengan berubahnya teknologi cockpit konvensional menjadi glass cockpit yang dilengkapi dengan head up display (HUD).

Sejalan dengan berkembangnya dunia penerbangan, cakupan avionik semakin luas, seperti kendali penerbangan dan mesin pesawat terbang. Sistem kendali pesawat terbang yang awalnya menggunakan sistem kendali manual atau mekanis, kini telah berubah menjadi sistem elektronis menggunakan komputer yang berbasis fly-by-wire. Dan saat ini, sistem ini telah melahirkan adanya auto pilot. Pada hakikatnya, sistem avionik dirancang untuk menciptakan penerbangan dengan lebih aman, efektif, dan efisien (bahan bakar, biaya dan waktu). Dengan adanya sistem avionik, juga akan mengurangi beban kerja pilot dan co-pilot selama penerbangan sehingga lebih banyak memberikan kesempatan kepada pilot dan co-pilot untuk lebih memperhatikan keamanan dan kenyamanaan selama penerbangan. Berdasar tren selama 40 tahun terakhir, ketergantungan pesawat terbang pada sistem avionik akan terus meningkat. Tanpa avionik, penerbangan yang aman dan nyaman tidak akan kita dapatkan. Semua pengetahuan tentang avionik ini diberikan di program studi Teknik Elektro Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto.

Untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang dunia avionik, prodi Teknik Elektro menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk webinar dengan tema pengenalan avionik. Peserta webinar ini adalah para siswa SMA/SMK, mahasiswa dan alumni dan juga seluruh lapisan masyarakat yang memanfaatkan dunia penerbangan baik sebagai pengguna pesawat hingga pecinta dunia penerbangan. Webinar ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa dengan sistem avionik yang canggih saat ini telah menjadikan pesawat terbang sebagai salah satu moda transportasi yang paling cepat, aman dan nyaman.

Webinar ini telah dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2021. Adapun materi dan narasumber pada webinar ini adalah:
1. Pengantar Avionik oleh Ir. Sutjianto, M.T.
2. Pengenalan Dead Reckoning oleh Lasmadi, S.T., M.Eng.
3. Pengenalan Attitude & Heading Reference System oleh Freddy Kurniawan, S.T., M.T.
4. Pengenalan Autopilot untuk Navigasi Pesawat Terbang oleh Paulus Setiawan, S.T., M.T.
5.
Realisasi Kendali Digital di Pesawat Terbang oleh Deny Dermawan, S.T., M.Eng.
Bertugas sebagai moderator pada webinar ini adalah Ibu Ndaru Atmi Purnami, S.Si., M.Sc.

Dengan diselenggarakannya webinar ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami perkembangan teknologi avionik. Setiap tahun muncul teknologi baru yang setingkat lebih maju. Sehingga perlu menyiapkan diri secara fisik dan mental  untuk berpikir secara digital, dan berusaha mencari wawasan dan literatur yang berkaitan dengan perkembangan avionik digital.

Link terkait:

Rekaman webinar Pengenalan Avionik sesi 1
Rekaman webinar Pengenalan Avionik sesi 2