STTA HADIRKAN PROF.…

STTA HADIRKAN PROF. ING SONG YU DARI NATIONAL DONG HWA UNIVERSITY TAIWAN DALAM SESI KULIAH TAMU


Berbagai upaya dalam rangka memberikan tambahan wawasan pengetahuan untuk mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) terus dilakukan. Pengembangan wawasan tersebut dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya adalah melalui “Kuliah Tamu” yang menghadirkan pemateri ternama nasional atau internasional.

Kuliah Tamu menjadi salah satu alternatif dalam menambah wawasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun mahasiswa sebagaimana yang dilakukan oleh Bagian Kerjasama dan Alumni STTA. Bertempat di Ruang Adisutjipto (25/10), Kuliah Tamu  kali ini menghadirkan Prof. Ing Song – Yu  dari Department Material Science and Endineering of National Dong Hwa University (NDHU), Taiwan, sebagai pembicara, hadir didampingi asistennya yaitu Dr Wei Sheng Liao. Rombongan NDHU disambut langsung oleh Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc., para Wakil Ketua dan para Kaprodi. Acara Kuliah Tamu ini terbuka bagi mahasiswa dari seluruh departemen di STTA. Dalam sesi Kuliah Tamu, selain memperkenalkan NDHU kepada para mahasiswa STTA juga menjelaskan garis besar bidang studi dari Materials Science and Engineering (MSE) serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Bidang materials science and engineering mempelajari bahan dan keuntungan sebuah materi, terutama yang cukup umum digunakan di industri, seperti logam, plastik, tekstil, karet, gelas, dan juga komposit. Nantinya, para materials engineer dapat terlibat dalam forensic engineering yang seringkali berurusan dengan penyebab teknis dari kegagalan sebuah produk. Karena ini merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan demi menghindari tuntutan akan kasus kegagalan semacam ini, material engineer menjadi salah satu profesi yang banyak dicari.

 Diharapkan dengan adanya perkenalan dari Prof. Ing Song Yu dalam Kuliah Tamu ini, nantinya akan ada mahasiswa ataupun dosen STTA yang berminat melanjutkan pendidikan S2 maupun S3 di NDHU.