PAPARAN PENELITIAN ILMIAH…

PAPARAN PENELITIAN ILMIAH DOSEN TEKNIK DIRGANTARA STTA DALAM SEGA-08 "THE 8th INTERNATIONAL CONFERENCE ON SUSTAINABLE ENERGY AND GREEN ARCHITECTURE" PATHWAYS TO ACHIEVE SUSTAINABILITY DI BANGKOK, THAILAND


Saat ini kemajuan pembangunan yang luar biasa, terancam oleh risiko potensial dari perubahan iklim, bencana alam, dan ulah manusia, degradasi lingkungan hidup, dan meningkatnya konflik sosial dan ekonomi. Perkotaan mewakili aglomerasi populasi, dan kegiatan ekonomi, oleh karena itu, keberadaan dan ukurannya merupakan indikasi jelas dari vitalitas ekonomi mereka. Selain itu, disamping kekhawatiran jangka panjang tentang basis sumber daya yang terbatas, dan infrastruktur masyarakat, perkotaan harus tangguh, atau dapat pulih dari kekurangan atau bencana yang mengganggu, agar berkelanjutan. Pengembangan keberlanjutan ini telah menerima perhatian besar di seluruh dunia. Beberapa amandemen dilakukan oleh para pemimpin dan berbagai kebijakan telah diadopsi. Meskipun upaya ini tujuannya masih jauh, dan keberlanjutan masih membutuhkan dukungan dan pengabdian yang luas dari semua pihak.

SEGA-08 menyediakan forum internasional yang sangat baik untuk mengidentifikasi cara-cara untuk mencapai keberlanjutan di berbagai tingkatan dan bidang. Gagasan, program, dan inisiatif, inovatif, platform, dan pengetahuan. Pengembangan kota dan tantangan di masa depan harus merupakan jalur baru menuju keberlanjutan. Solusi kreatif dapat ditemukan dari proyek skala perkotaan, hingga desain bangunan pintar, dan inovasi ramah lingkungan. Konferensi ini akan menampilkan berbagai tema, dengan fokus pada teknologi pintar, energi berkelanjutan dan arsitektur hijau, studi kasus tentang bangunan ramah lingkungan, penggunaan bahan, dan sumber daya secara cerdas, sumber energi yang dapat diperbaharui, atau sumber energi yang tidak dapat di perbaharui yang hemat energi, konservasi sumber daya alam, dan pelestarian bangunan ramah lingkungan, dan industri, kebijakan lingkungan, teknik, dan manajemen teknologi, inovatif, dan ide-ide didorong untuk perumusan strategi keberlanjutan, baik dalam perspektif normatif dan logis, teknik baru meningkatkan kenyamanan termal dalam ruangan dan kualitas udara dan sebagainya.

Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) diundang kedalam forum SEGA-08 “The 8th International Conference On Sustainable Energy and Green Architecture” Pathways To Achieve Sustainability yang diselenggarakan  di Bangkok, Thailand, pada 27-28 Mei 2019. Delegasi STTA, diwakili oleh Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs T Ken Darmastono, M.Sc bersama dua dosen Departemen Teknik Dirgantara, Rully Medianto, S.T., M.T dan Bangga Dirgantara, S.T., M.T. Sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada teknologi khususnya kedirgantaraan, dan mencermati isu global aviasi, serta mengantisipasi permasalahan lingkungan bandar udara, selaku penyelenggara bandar udara harus melakukan pengelolaan bandar udara dan lingkungan sekitarnya untuk menjadi bandara yang ramah lingkungan.

Pada forum tersebut, Rully Medianto, S.T., M.T berkesempatan mempresentasikan paparan penelitian ilmiahnya mengenai Analysis of National Regulations That Encourage The Environmental Sustainability of Airports. Dalam penelitiannya, digunakan metode penelitian yuridis normatif, menggunakan data sekunder dari penelitian literatur. Peneliti mencoba menelaah ketersediaan peraturan nasional tentang beberapa masalah lingkungan terutama dalam operasi bandara, menentukan ketersediaan peraturan yang berfungsi sebagai pedoman untuk prosedur dan pengembangan teknologi untuk mewujudkan bandara yang ramah lingkungan. Sangat membanggakan bagi  STTA berkesempatan mengikuti SEGA-08 di Bangkok Thailand ini, dan mempublikasikan karya ilmiahnya, karena konferensi ini mengundang dan mengumpulkan para ahli di bidang teknologi dari berbagai perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri.