STRATEGI SUKSES MEMBANGUN…

STRATEGI SUKSES MEMBANGUN KARIR DI ERA DIGITAL UNTUK ALUMNI


Pada Kamis (15/01/2024) dilaksanakan Pembekalan Alumni Persiapan Dunia Kerja dengan tema “Strategi Sukses Membangun Karir di Era Digital" secara online melalui Zoom. Kegiatan tersebut merupakan suatu wadah yang disediakan oleh ITD Adisutjipto bagi para mahasiswa semester akhir dan juga alumni yang berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berkembang. Dilaksanakan secara daring melalu zoom meeting, kegiatan tersebut menghadirkan berbagai pemateri yang sangat menarik. Pemateri I yaitu Bapak Kolonel (Purn) Drs. Suyoko, M.Si. menyampaikan materi mengenai kepemimpinan yang menjadi fondasi utama dalam meraih kesuksesan di era digital ini. Memiliki kemampuan untuk memimpin diri sendiri dan juga orang lain, serta mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan dinamika pasar adalah hal yang sangat penting. Dengan memahami prinsip-prinsip kepemimpinan yang efektif, alumni akan mampu menjadi agen perubahan yang dinamis di tempat kerja mereka.

 

Kemudian dilanjutkan oleh pemateri ke-2 yaitu Marsekal Pertama (Purn) TNI Dra. Veronica Triastuti Widyaningrum, M.A. yang menyampaikan mengenai tips dan trik dalam pembuatan CV, surat lamaran kerja, psikotes, dan juga wawancara. Dalam penyampaiannya keterampilan dalam menyusun CV dan surat lamaran kerja yang menarik perlu dikuasai secara mendalam. Alumni perlu memahami bagaimana cara mempresentasikan diri mereka secara profesional dan menonjolkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki. Tidak kalah pentingnya, persiapan menghadapi tahap seleksi berikutnya seperti psikotes dan wawancara juga harus dipersiapkan dengan matang. Alumni perlu memahami strategi dan trik-trik untuk menjawab pertanyaan dengan tepat dan memberikan kesan yang positif kepada pihak perusahaan. Dengan mempelajari teknik-teknik psikotes dan wawancara yang efektif, para alumni dapat meningkatkan peluang mereka untuk meraih kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan di era digital ini.

 

Selain itu, pada kegiatan ini juga dilaksanakan sharing alumni yang disampaikan oleh masing-masing alumni dari setiap program studi yang terdapat di ITD Adisutjipto, mereka adalah Saras Triseno yang bekerja di PT Bintang Mas Triyasa, Fiko Borizqy yang bekerja di Limesharp Internet Ltd., Febriardy Fathur Hanif yang bekerja di PT Mitsubishi Chemical Indonesia, Saifuddiin Azis Qurthubiy yang bekerja di Nasmoco Cilacap, Kenny Nanda Helin yang bekerja di Japan Airlines dan Ichsan David Utomo yang bekerja di GMF Aeroasia Jakarta. Melalui pengalaman dan kesuksesan alumni dari setiap program studi diharapkan para mahasiswa dapat belajar banyak dan mendapatkan inspirasi serta pandangan berharga untuk mengarungi dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.