KERJASAMA ITD ADISUTJIPTO…

KERJASAMA ITD ADISUTJIPTO DENGAN PRAKARSA JARINGAN CERDAS INDONESIA DAN PRAKARSA EKATAMA ADVISORY


Dalam kunjungannya ke Jakarta, Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto,  Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE. tandatangani MoU kerjasama dengan Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI) dan Prakarsa Ekatama Advisory (PEA), pada hari Kamis (14/09/2023). MoU tersebut meliputi kerjasama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat), serta Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Asistensi Tenaga Ahli antara ITD Adisutjipto dengan kedua instantsi.

Non-Governmental Organization atau dalam bahasa Indonesia disebut Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  yang didirikan pada tahun 2015, yang menghimpun para ahli di bidang jaringan cerdas atau smart grid yang tujuan pokoknya adalah menyusun kelembagaan teknologi, regulasi, pendidikan dan kewirausahaan serta menyusun road map sistematis implementasi Smart Grid sebagai solusi menuju Indonesia Cerdas. Sedangkan Prakarsa Ekatama Advisory merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konsultansi energi dan ketenagalistrikan, yang berdiri sejak tahun 2008.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Rektor ITD Adisutjipto dengan Ikhsan Asaad I. Moh. Ikhsan Asaad selaku Ketua Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia dan Ir. Eddie Widiono, MM., M.Sc., selaku Direktur Prakarsa Ekatama Advisory. Melalui MoU dengan PJCI dan PEA ini diharapkan ke depan ITD Adisutjipto dapat bermitra atau bekerja sama dengan para ahli maupun dengan industri di bidang Smart Grid, sehingga nantinya dapat dikembangkan teknologi-teknologi dalam rangka menyongsong industri 4.0 misalnya, artificial intelligence, augmented reality, maupun terkait big data analytics, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya bisa terjadi pertukaran dosen maupun mahasiswa, program magang dan lain sebagainya. Dimana hal tersebut sangat sejalan dengan program ITD Adisutjipto sebagai Kampus Merdeka.