REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO JADI PEMBICARA SEMINAR INTERNASIONAL “ARTIFICIAL INTELLIGENCE UTILIZATION AND INDONESIAN SEA POWER TO SUPPORT NATIONAL DEFENSE”


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE., kembali diundang menjadi pembicara dalam forum Seminar Internasional Pascasarjana Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) TA 2023 dengan tema “Artificial Intelligence Utilization and Indonesian Sea Power to Support National Defense”. Seminar ini dilaksanakan pada hari Rabu (17/05/2023), dengan peserta yang berasal dari Perwakilan Mahasiswa D3 dan SP STTAL, Mahasiswa S2 ASRO STTAL, Dosen STTAL dan Mahasiswa serta Dosen dari Perguruan Tinggi yang sudah mengirimkan paper tulisan hasil penelitiannya.

Dalam pemaparannya melalui Zoom, Rektor ITD Adisutjipto menyampaikan tentang pengertian Artificial Intelligence (AI), tujuan penggunaan AI, Pemanfaatan AI dalam dunia militer, khususnya Angkatan Laut, serta prediksi penggunaan AI dalam dunia militer di masa yang akan datang. Berdasarkan perkembangan situasi saat ini dan dengan besarnya ancaman yang ada, maka Indonesia harus mempersiapkan diri dengan memperkuat pertahanan negaranya. Salah satu upaya yang saat ini sedang dilakukan oleh Indonesia adalah mengembangkan kecerdasan buatan khususnya di bidang pertahanan. Ini dimulai dengan memperbarui alutsista dengan menerapkan teknologi kecerdasan buatan. Sehingga diharapkan dengan berkembangnya teknoiogi kecerdasan buatan di bidang maritim, Indonesia mampu meningkatkan sea power sehingga mampu meningkatkan pertahanan negara.

Diharapkan nantinya dapat dihasilkan kajian-kajian, paper dan tulisan hasil penelitian sebagai saran dan masukan yang berharga dalam menyusun kebijakan dalam mengidentifikasi potensi perkembangan Artificial Intelligence Indonesia yang dapat mendukung keamanan maritim dalam rangka mewujudkan ketahanan Nasional.