REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO JADI NARASUMBER TUNGGAL DALAM FGD “PENGUASAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK KEPENTINGAN MILITER” OLEH LEMHANNAS RI


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, penuhi undangan Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhannas RI) sebagai narasumber tunggal pada acara Focus Group Discussion (FGD) “Penguasaan Teknologi Artificial Intelligence untuk Kepentingan Militer” yang diadakan pada hari Rabu (14/12/2022), di Gedung Tri Gatra Lemhannas RI, Jakarta.

 

FGD tersebut langsung dipimpin Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto, dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI M.S. Fadilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Reni Maryeni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla, beserta pejabat lainnya di lingkungan Lemhannas RI sebagai penanggap internal. Serta menghadirkan penanggap dari Kementerian Pertahanan RI, Kementerian Luar Negeri, Universitas Pertahanan (UNHAN), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sebagai Penanggap Eksternal.


Dalam kesempatan ini juga, Rektor ITD Adisutjipto menyerahkan buku hasil karya beliau yang berjudul “Multiagent Information Inferencing Fusion for Integrated Information System” kepada Gubernur Lemhannas RI. Diskusi ini dilakukan Lemhannas RI sebagai kajian guna meneguhkan Ketahanan Nasional dan mengkaji penguasaan teknologi Artificial Intelligence/kecerdasan buatan/Kecerdasan artifisial untuk kepentingan militer. Pengkajian ini merupakan bagian dari isu transformasi digital yang merupakan salah satu topik pengkajian utama dari Lemhannas RI dan rekomendasi kajian akan disampaikan kepada Presiden RI.