SEMINAR PRODI INFORMATIKA…

SEMINAR PRODI INFORMATIKA 2022 “CYBER SECURITY AWARENESS”


Program Studi Informatika Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) kembali gelar Seminar, yang kali ini membahas mengenai Cyber Security Awareness, pada hari Selasa (6/12/2022), di Ruang Adistujipto. Seminar yang dibuka oleh sambutan dari Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, menghadirkan narasumber dari Politeknik Bhakti Semesta (PoliBest), Salatiga, Puspa Ira Dewi, S.Kom, M.Cs dan Rofiq Fauzi, CEH., CHFI, keduanya merupakan dosen dari PoliBest.


Cyber Security Awareness merupakan suatu hal yang patut diketahui oleh semua pihak yang setiap hari bersinggungan dengan dunia internet, tak terkecuali mahasiswa, sebagai Generasi Z atau dikenal dengan Generasi Digital yang mahir dan aktif berinteraksi di dunia maya. Salah satu dampak negatif perubahan teknologi digital dalam kehidupan sehari – hari adalah adanya kemungkinan akses ilegal terhadap suatu transmisi data atau kejahatan dunia maya, seperti hacking dan pishing. Karnanya diperlukan Cyber Security untuk melakukan pengamanan dan melindungi informasi atau  sumber daya IT untuk mencegah terjadinya tindakan cyber crime atau cyber  attack.

 

Ada 4 pilar dalam Keamanan Data, yaitu Confidentiality (Kerahasiaan), Integrity (Keutuhan), Availability (Ketersediaan) dan Non-repudiation (Tidak Terelakkan). Confidentiality (Kerahasiaan), artinya data dijamin hanya bisa diakses dan diketahui oleh yang berhak. Integrity (Keutuhan), artinya pencegahan perubahan tidak diingingkan ke data atau informasi. Availability (Ketersediaan), artinya data kita dapat diakses oleh pihak yang membutuhkan. Non-repudiation (Tidak Terelakkan), aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan suatu hal.