ITD ADISUTJIPTO JALIN…

ITD ADISUTJIPTO JALIN KERJASAMA DENGAN DATA ACADEMY


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, dan Direktur PT Cendikia Data Andalan (Data Academy), Luthfy Ardiansyah, tandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS), pada hari Jumat (25/11/2022), di Ruang Adisutjipto. Data Academy merupakan perusahan yang bergerak di bidang jasa informasi teknologi, yang tidak hanya melayani pelatihan tetapi juga loka karya (workshop), booth camp dan sertifikasi.

 

Dalam Periode Revolusi Industri 4.0, yang mengarah pada digitalisasi dan otomatisasi ini mau tidak mau, digitalisasi memunculkan kebutuhan baru akan sumber daya dan bakat yang terampil di bidang Data Science termasuk analitik data, rekayasa data, dan pemodelan data. Indonesia membutuhkan tenaga ahli yang bekerja di bidang Data Science untuk mendukung kegiatan pembangunan di pemerintahan, sektor publik dan industri. Link dan Match antara industri dan institusi pendidikan harus direalisasikan, oleh karnanya pembelajaran di universitas atau sekolah harus relevan dan selaras dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri.


Dalam PKS tersebut disepakati kerjasama keduabelah pihak dalam Pengembangan dan penyusunan Kurikulum, Memberikan pelatihan untuk Dosen yaitu berupa Training of Trainer, Memfasilitasi Kerja Magang, Kolaborasi Riset dan Kampus Merdeka (MBKM), Pelatihan untuk mahasiswa serta Sertifikasi untuk mahasiswa. Diharapkan nantinya dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa ITD Adistjipto dapat menjadi sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Karena SDM yang kompeten merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan transformasi di era revolusi industri 4.0.