PEMBEKALAN PERSIAPAN…

PEMBEKALAN PERSIAPAN DUNIA KERJA BAGI ALUMNI ITD ADISUTJIPTO


Biro Kerjasama dan Alumni Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) selenggarakan pembekalan alumni pada hari Jumat (18/11/2022), di Ruang Adisutjipto. Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid ini, dibuka langsung oleh Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE. Pembekalan Alumni dengan tema “Menggali Kreatifitas Anak Muda Untuk Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 5.0” diikuti oleh 95 peserta offline, menghadirkan nara sumber, Direktur Utama PT. Yogya Presisi Tehnikatama Industri (PT. YPTI), Petrus Tedja Hapsoro.

 

Tema ini diambil sebagai persiapan lulusan ITD Adisutjipto dalam menghadapi perubahan dan perkembangan zaman yang begitu pesat, era revolusi industri telah berpindah ke era masyarakat 5.0. Generasi muda berperan penting dalam kemajuan zaman, dan potensi penuhnya akan menentukan kualitas Indonesia di masa depan. Alumni ITD Adisutjipto harus memiliki banyak inovasi, yang dapat menjadi modal penting untuk menghadapi era masyarakat 5.0 di dunia industri. Pendidikan di era masyarakat 5.0 menuntut setiap orang untuk lebih kreatif, inovatif, produktif, adaptif dan kompetitif.

 

Di era Revolusi Industri 5.0, diharapkan nantinya para alumni dapat memecahkan berbagai tantangan sosial dan masalah eksistensial dengan menggunakan berbagai inovasi dalam dunia kerja, dengan memanfaatkan Internet of Things, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), sejumlah besar data (Big Data) dan robot. Sebagai mahasiswa, berpikir kreatif untuk dapat menghadapi persaingan di dunia kerja sangatlah penting. Para alumni ITD Adisutjipto diharapkan dapat menciptakan penemuan-penemuan baru dengan berpikir kreatif. Dengan kreativitas dimungkinkan untuk mengembangkan suatu hal baru berupa pemikiran atau karya nyata. Penciptaan atau kreasi adalah proses mental di mana muncul ide dan konsep baru atau hubungan baru antara ide dan konsep yang sudah ada.