REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO MENJADI PEMATERI DALAM WEBINAR “MENYONGSONG KEBANGKITAN START UP KEDIRGANTARAAN INDONESIA”


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO), Kolonel Lek Dr. Ir. Arwin Datumaya W.S., ST., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, menjadi pemateri dalam Webinar “Menyongsong Kebangkitan Start Up Kedirgantaraan Indonesia”, pada hari Minggu (16/10/2022), secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar ini terselenggara atas Kerjasama antara Forum Dirgantara Muda, ITD ADISUTJIPTO dan UMG Idea Lab.

Rektor ITD ADISUTJIPTO memberikan materi tentang “Membangun Kolaborasi Start Up Kedirgantaraan dengan Perguruan Tinggi”. Tidak dipungkiri perkembangan teknologi kedirgantaraan, terutama dalam bidang wahana terbang nirawak (drone), telah membuahkan berbagai usaha start up kedirgantaran di seluruh Indonesia. Trend 2022 dalam start up kedirgantaran, yaitu menawarkan produk berjangka panjang (sustain), Artificial Intelligence (AI) untuk megautomasi sistem dan mengeliminasi kesalahan manusia, digitalisasi dalam sistem operasional untuk menghindari kemacetan dan meningkatkan efisiensi, teknologi 3D Printing, konektivitas global untuk integrasi internet of things (IoT) mendorong berbasis satelit sistem komunikasi, keamanan data tingkat tinggi dan ketahanan jaringan yang lebih besar, teknologi penerbangan yang lebih cepat seperti penerbangan supersonik dan hipersonik dengan tujuan mengurangi waktu perjalanan udara, operasi militer udara dan pelatihan karyawan dirgantara. Kemudian untuk kolaborasi dan sinergi dengan Perguruan Tinggi, khususnya ITD ADISUTJIPTO difasilitasi oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK), mulai dari proses pendampingan, pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan, penerbitan lisensi, dan perumusan imbalan kekayaan intelektual, pengembangan jaringan, pembiayaan sampai inkubasi kewirausahaan

Selain Rektor ITDA, webinar ini juga menghadirkan pemateri Chief Investment and Collaboration UMG IdeaLab, Ir. Alexander Ludi, MBA, dan Founder & Chairman FDM, Ahmad Arafat Aminullah, S.T. Harapannya nantinya Dirgantara Muda dapat membangun bisnis - bisnis rintisan yang menawarkan berbagai inovasi yang dapat memajukan industri kedirgantaraan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu semoga ke depannya semakin terjalin sinergi dan kolaborasi antara pelaku bisnis (start up) dan perguruan tinggi dalam melakukan penelitian dan pengembangan inovasi bisnis dan produk.