FOCUS GROUP DISCUSSION…

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) AKSELERASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI TEKNIK INDUSTRI ITDA YANG INOVATIF, ADAPTIF, DAN KOLABORATIF


Focus Group Discussion (FGD) Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) telah dilaksanakan pada Kamis (22/9/2022) di Samas Room, Hotel New Shapire, Yogyakarta. Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program kerja Program Studi Teknik Industri, selaku penerima bantuan program Akselerasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif bekerjasama dengan mitra Menuju Center of Excellence dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Acara dibuka oleh Rektor ITDA, Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE., dan dihadiri oleh 20 peserta terdiri dari Warek I, Warek II, Dekan Fakultas Teknologi Dirgantara, Dekan Fakultas Teknologi Industri, 6 (enam) Kaprodi, Kepala Biro Akademik, Kepala PLTI dan 8 (delapan) dosen Prodi Teknik Industri. Dihadirkan pula Ir. Bertha Maya Sopha, Ph.D., IPU., ASEAN Eng selaku Dosen Program Studi Teknik Industri UGM dan ketua umum BKSTI sebagai narasumber bidang keilmuan teknik industri dan Nafiul Minan, S.T., M.T. selaku Kepala UPT Logam Kota Yogyakarta sebagai narasumber mitra industri.

Rektor ITDA dalam sambutannya menyampaikan bahwa akselerasi pengembangan kurikulum merupakan faktor penting dari kesuksesan Program Studi didalam menjawab tuntutan MBKM, selain itu kurikulum yang baik harus memiliki keunikan yang menjadi penciri atau identitas prodi.

Kegiatan FGD ini bertujuan untuk mereview draft kurikulum Prodi Teknik Industri yang telah disusun oleh tim kurikulum dan para dosen prodi Teknik Industri, sehingga pada akhirnya  dapat memberikan masukan yang konstruktif dari narasumber maupun para peserta guna pengembangan kurikulum Prodi Teknik Industri yang berbasis OBE dan berorientasi kedirgantaraan serta Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif Bekerja Sama dengan Mitra Menuju Center of Excellence.