Diajarkan di Sekolah…

Diajarkan di Sekolah Penerbangan, Apa itu Airframe Power Plant?


Dengan terus meningkatnya kebutuhan SDM di bidang penerbangan, kini telah banyak sekolah kedirgantaraan di Indonesia. Selain itu, konsentrasi pembelajaran bukan hanya pada satu aspek saja melainkan, meliputi semua bidang yang berhubungan dengan dirgantara. Salah satunya adalah airframe power plant yang juga didapatkan bila menempuh pendidikan di sekolah penerbangan.

Masih banyak yang belum familiar dengan airframe power plant. Atau sudah pernah mendengarnya tapi, masih belum mengetahui dengan pasti. Untuk itu bisa disimak berbagai penjelasannya berikut ini.

Apa itu Airframe Power Plant?


Pengecekan engine pesawat, sumber: amecollege.in

Airframe power plant adalah sebuah bidang atau jurusan yang mempelajari bagaimana cara merawat atau memelihara pesawat terbang. Pada bidang ini akan banyak mempelajari tentang mesin pesawat, struktur pesawat, sistem pesawat, dan cara perawatannya.

Hampir semua bidang dapat dipelajari hanya dengan mengambil satu konsentrasi yaitu, airframe power plant. Bidang ini masih belum terlalu familiar atau belum banyak yang tahu! karena hanya beberapa lembaga atau institusi yang menyediakan pendidikannya.

Mengenal Jurusan Airframe Power Plant

Dari beberapa jurusan yang ada di bidang dirgantara airframe power plant termasuk yang lebih unggul. Karena hampir semua jenis perawatan dan pemeliharaan pesawat terbang dipelajari. Sehingga untuk menjadi teknisi pesawat terbang profesional sangatlah terbuka luas bila menempuh pendidikan dengan konsentrasi ini.

Pelajaran atau pengetahuan yang akan didapatkan bila menempuh pendidikan di jurusan airframe power plant antara lain:

  • Electrical System

  • Aircraft Material And Hardware

  • Technical Drawing

  • Aircraft Tools

  • Aircraft System

  • Maintenance Practice/General Workshop

  • Aerodynamic And Flight Control

  • Piston Engine

  • Gas Turbine Engine

  • Propeller 

Bukan hanya mempelajari materi namun, akan dibarengi juga dengan praktek langsung pada pesawat terbang. Biasanya pesawat terbang yang digunakan bukanlah yang beroperasi aktif untuk mengangkut penumpang dan lain-lain namun, untuk komponen hingga sistemnya masih lengkap.

Materi yang dibarengi dengan praktek pada jurusan airframe power untuk dapat menjadi teknisi pesawat handal dan profesional. Disisi lain juga akan sangat membantu dalam pengambilan lisensi khusus teknisi pemeliharaan pesawat  (Aircraft Maintenance Technician).

Tugas Airframe Power Plant


Mekanik avionic, sumber: spartan.edu

Mempelajari banyak bidang pengetahuan tentang pesawat terbang tentunya akan sesuai dengan kebutuhan akan SDM di bidang airframe power plant. Ada banyak pilihan tugas yang bisa dikerjakan dan disesuaikan dengan fokus konsentrasi yang menjadi minat dan keahlian. Mulai dari perawatan struktur, mesin, hingga sistem elektronik pesawat.

Dari beberapa pelajaran yang ada di jurusan airframe power plant pasti ada satu fokus konsentrasi yang akan didalami. Karena pelajaran tentang pemeliharan dan perbaikan pesawat terbang hanya menjadi pengetahuan dasar. Maka, sangatlah perlu untuk lebih mendalami satu konsentrasi yang menjadi kemampuan, keahlian, dan minat.

Jadi, walaupun telah menempuh pendidikan di bidang airframe power plant bukan berarti semua tugas bisa dilakukan bila telah bekerja di Industri MRO. Karena setiap tugas dikerjakan sesuai dengan keahlian profesi yang telah menjadi kemampuan diri. 

Kelebihan Jurusan Airframe Power Plant


Jurusan airfrme power plant, sumber: solacc.edu

Jika dibandingkan dengan jurusan lainnya airframe power plant memiliki beberapa kelebihan yang perlu untuk diketahui diantaranya:

1. Mendapatkan Ilmu Penerbangan Lebih Dari Satu

Biasanya jurusan dari sebuah bidang pendidikan pasti hanya memiliki satu fokus konsentrasi. Tapi, berbeda dengan airframe power plant yang memiliki lebih dari satu fokus konsentrasi. Ada beberapa ilmu yang akan dipelajari mengenai perawatan, perbaikan, hingga sistem elektronik pesawat.

2. Menguasai Pengetahuan Tentang Perawatan dan Perbaikan Pesawat 

Jurusan airframe power plant memiliki arah pembelajaran untuk menjadi seorang teknisi pesawat terbang. Terutama pada bagian perawatan dan perbaikan yang meliputi semua komponen pesawat. Semua ilmu mengenai perawatan dan perbaikan pesawat akan didapatkan pada saat menempuh pendidikan hingga melanjutkannya ke perguruan tinggi sesuai dengan fokus konsentrasi yang ingin diambil.

3. Memiliki Bekal Persiapan Menjadi Teknisi Pesawat Profesional

Ilmu penerbangan yang didapatkan bila mengambil jurusan airframe power plant dapat menjadi bekal menjadi seorang teknisi pesawat profesional. Jadi, bila ingin menjadi teknisi pesawat profesional bisa untuk mengambil jurusan ini. Karena akan lebih mudah bila ingin melanjutkan atau mengambil lisensi profesi penerbangan.

4. Peluang Kerja yang Terbuka Luas

Kebutuhan akan SDM di bidang penebangan tentunya sangat tinggi. Sehingga lapangan pekerjaan bagi lulusan airframe power plant sangatlah terbuka luas. Bisa menjadi kesempatan bila ingin berkarir di dunia penerbangan. Terutama bila ingin menjadi seorang teknisi pesawat terbang untuk menerapkan berbagai ilmu yang telah dipelajari. 

5. Bidang Pekerjaan Dengan Gaji yang Cukup Besar

Menjadi salah satu bidang pekerjaan yang memiliki gaji cukup besar yaitu, berkisar  Rp. 4.500.000 - Rp. 6.500.000. Tentunya gaji seperti ini masih merupakan gaji pokok belum termasuk tunjangan dan lain-lain. Dengan jumlah gaji seperti ini pastinya siapa saja akan tertarik dengan jurusan airframe power plant.

Sekolah Airframe Power Plant

Di Indonesia sudah banyak sekolah yang khusus untuk penerbangan. Tetapi, masih sangat sedikit perguruan tinggi yang menyediakan jurusan airframe power plant. Pastinya ketika selesai dari bangku sekolah ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan bidang konsentrasi yang telah diambil sebelumnya.

Tak perlu bingung karena di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta (ITDA) memiliki program studi aeronautika. Dimana, di dalam program tersebut terdapat konsentrasi airframe power plant yang bisa menjadi jurusan pilihan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan selama menempuh pendidikan di ITDA baik dari segi pembelajaran hingga praktek dari penerapan ilmu yang telah dipelajari.

Itulah sedikit penjelasan mengenai airframe power plant yang merupakan bidang atau jurusan yang mempelajari tentang perawatan, perbaikan, hingga sistem pesawat terbang. Jadi, bila ingin menjadi seorang teknisi yang handal dan profesional bisa mengambil jurusan ini sebagai pilihan yang tepat.

Masih banyak informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar penerbangan yang didapatkan hanya di laman ITDA Yogyakarta.