Kenalan dengan Jurusan…

Kenalan dengan Jurusan Manajemen Industri yang Memiliki Prospek Kerja Cerah


Manajemen industri merupakan salah satu jurusan yang hingga saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja yang cerah. Jadi tidak heran jika banyak calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di jurusan tersebut.


Lalu sebenarnya apa itu jurusan manajemen industri? Industrial management atau manajemen industri adalah sebuah jurusan yang mempelajari mengenai cara merancang, merencanakan, serta mengendalikan sistem produksi. Baik itu di dalam industri manufaktur maupun di dalam industri jasa.


Jurusan industrial management ini masuk ke dalam konsentrasi dari bidang teknik industri. Jadi jika calon mahasiswa masuk ke bidang teknik industri, maka bisa memilih konsentrasi industrial management tersebut. 

Mata Kuliah Manajemen Industri

Untuk sebagian besar calon mahasiswa yang belum mengetahui tentang jurusan ini pasti memiliki banyak pertanyaan. Misalnya saja seperti manajemen industri belajar apa, kemudian apa saja yang dipelajarinya. Berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa yang memilih jurusan industrial management.


1. Manajemen Operasional

Nantinya mahasiswa akan mempelajari perihal operasional dari sebuah perusahaan. Mata kuliah yang satu ini penting dipelajari, mengingat jurusan industrial management sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Jadi para mahasiswa perlu mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia pekerjaan.


2. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Manajemen SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan mata kuliah yang mempelajari bagaimana mengelola SDM di sebuah perusahaan. Sehingga tidak heran jika lulusan dari industrial management ada yang menduduki posisi sebagai Human Resource Development (HRD).


3. Etika Bisnis

Mata kuliah etika bisnis merupakan salah satu mata kuliah yang penting dalam dunia bisnis. Jadi nantinya mahasiswa yang sudah lulus akan menerapkan materi tersebut ke sebuah perusahaan. Bisa juga jika lulusan industrial management membuka bisnis sendiri, maka bisa menerapkan etika bisnis ini.


4. Manajemen Pemasaran

Di dalam jurusan industrial management, nantinya juga akan mempelajari mengenai manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran ini akan mempelajari mengenai teknik-teknik mengenai produk yang ditawarkan oleh perusahaan. 


Mulai dari merancang produk hingga penjualan, akan dipelajari di mata kuliah yang satu ini. Nantinya lulusan dari industrial management juga banyak yang menduduki posisi ini.


5. Statistika Bisnis

Industrial management tidak hanya mengatur sistem produksi bisnis saja. Namun jurusan yang satu ini juga akan berkutat dengan perhitungan. Jadi diperlukan mata kuliah statistika bisnis untuk membekali para mahasiswa. Nantinya mahasiswa jurusan industrial management akan menjumpai banyak hitung-hitungan di mata kuliah ini.


6. Manajemen Keuangan

Mata kuliah manajemen keuangan juga penting dipelajari oleh mahasiswa manajemen industri. Nantinya mahasiswa akan mempelajari mengenai strategi-strategi untuk mengelola keuangan perusahaan. Jika pengelolaan keuangan di perusahaan buruk, maka perusahaan tidak bisa bertahan lama.


7. Sistem dan Teknologi Informasi

Di era digital seperti saat ini, teknologi sangat berperan penting bagi perekonomian. Sehingga mahasiswa manajemen industri juga perlu mempelajari mengenai sistem dan teknologi informasi. Supaya ketika lulus bisa diterapkan di perusahaan yang terkait.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Industri

Setelah lulus, jurusan manajemen industri kerja apa? Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, lulusan dari industrial management banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Sehingga tidak heran jika kuliah di manajemen industri memiliki prospek kerja yang cerah dan luas. 


Jadi bagi calon mahasiswa yang masih bingung ingin masuk ke jurusan mana, bisa mempertimbangkan jurusan yang satu ini. Berikut ada beberapa posisi pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan industrial management.


1. Analis Produksi

Seorang lulusan industrial management juga bisa menduduki posisi sebagai analis produksi. Tugas dari analis produksi adalah untuk menganalisis proses produksi yang ada di sebuah perusahaan. Rata-rata gaji seorang analis produksi sekitar 4 jutaan. Tentu saja bisa lebih, tergantung dari pengalaman hingga kondisi perusahaan.


2. Human Resource Development (HRD)

Mata kuliah manajemen Sumber Daya Manusia atau SDM akan diterapkan di posisi HRD ini. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, manajemen industri membuka peluang untuk lulusannya menduduki posisi sebagai HRD di sebuah perusahaan.


3. Marketing

Di dalam jurusan industrial management, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah manajemen pemasaran. Jadi tidak heran jika prospek kerjanya adalah menjadi seorang marketing di sebuah perusahaan. Tugas dari seorang marketing adalah melakukan strategi perencanaan produk hingga proses penjualan.


4. Research and Development

Seorang lulusan industrial management juga bisa menempati posisi di bagian research and development. Untuk rata-rata gaji di bagian tersebut berkisar di angka 4 jutaan dan bisa lebih dari itu. Meningkatnya gaji tersebut tidak lepas dari skill dan juga pengalaman yang dimiliki oleh lulusan industrial management.


5. Quality Control (QC)

Kualitas produk yang akan dirilis dan diproduksi untuk konsumen akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan mengenai kualitas produk dilakukan oleh bagian QC atau quality control. Seorang lulusan industrial management bisa menduduki jabatan sebagai staf QC di sebuah perusahaan.


Untuk rata-rata gaji dari staf QC berkisar di angka 4 jutaan. Gaji tersebut bisa naik mengikuti pengalaman hingga kondisi perusahaan terkait.


6. Manajer Produk Industri

Posisi yang satu ini merupakan pekerjaan yang sangat relevan dengan lulusan industrial management. Tugas dari seorang manajer produk industri diantaranya adalah untuk mengawasi jalannya produksi hingga mengatur jadwal produksi.


Itulah tadi informasi mengenai jurusan manajemen industri yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa. Untuk calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan tersebut bisa mendaftarkan diri ke Sekolah Kedirgantaraan


Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta membuka peluang bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di jurusan tersebut. Untuk informasi lebih lengkap mengenai jurusan industrial management, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman website ITDA Yogyakarta.