Mengenal Teknik Konversi…

Mengenal Teknik Konversi Energi pada Jurusan Teknik Mesin


Teknik konversi energi merupakan salah satu bidang teknik yang mempelajari dan merancang mesin yang dapat merubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. bentuk dari sumber energi dan energi yang dikonversikannya bisa sangat bergaram dan luas, seperti energi panas, air, gerak, angin hingga energi surya.

Untuk jurusan teknik mesin, dengan salah satu bidang yang dipelajari berupa konversi energi, yang ada di berbagai perguruan tinggi pada fakultas teknologi, biasanya khusus mempelajari perubahan bentuk berbagai energi menjadi energi listrik, sebab sebagaimana yang diketahui bahwa listrik adalah kebutuhan utama masyarakat luas. Untuk itu, dibutuhkan sebuah sumber daya yang bisa terus diperbaharui untuk menghasilkan listrik secara efisien.

Apa Tujuan Konversi Energi?

Tujuan utama dari teknik konversi energi adalah untuk menghentikan penggunaan bahan baku energi yang bersumber dari pertambangan dan menggantinya dengan sumber energi terbarukan seperti biodiesel. Sehingga lingkungan alam tetap terjaga dan menjadi warisan bangsa.

Apa Pentingnya Bidang Konversi Energi?

Energi adalah salah satu isu yang sangat penting dan strategis bagi pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa serta mendorong kegiatan ekonomi. Oleh sebab itu pengelolaan energi yang aman, andal dengan biaya yang bersaing menjadi sangat penting dan menjadi skala prioritas utama dalam program pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Prospek Kerja Teknik Konversi Energi Jurusan Teknik Mesin

Kebutuhan akan energi terbarukan yang bisa menghasilkan listrik secara efisien tanpa merusak lingkungan sedang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.  Hal tersebut secara otomatis membuat para tenaga profesional yang paham tentang cara mengkonversi sumber daya yang bisa diperbarui menjadi energi listrik dicari banyak industri.

Lulusan dari jurusan teknik mesin yang sudah mempelajari bidang konversi energi ini juga bisa bekerja pada berbagai perusahaan pembangkit listrik, perusahaan manufaktur, perusahaan pertambangan, utilitas energi sampai menjadi seorang akademisi.

Prospek kerja lain adalah, bisa bekerja di perusahaan-perusahaan berbasis energi seperti PT PLN dan anak perusahaaanya, PT Len Industri, perusahaan minyak dan gas, pengolahan batubara serta perusahaan energi lain, baik konvensional maupun terbarukan.

Namun demikian, karena bidang ilmu yang dipelajari cukup kompleks, lulusan jurusan teknik mesin yang ahli dalam konversi energi juga bisa bekerja di perusahaan non energi seperti pembuatan katup, produksi susu, pabrik peralatan instrumentasi serta menjadi seorang dosen. Di bawah ini beberapa pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan satu ini.

Ahli Teknik Energi

Ahli teknik energi mempunyai tanggung jawab untuk merancang, mengembangkan serta mengevaluasi proyek atau program yang memiliki hubungan dengan energi sehingga mengurangi biaya energi maupun meningkatkan efisiensi selama perencanaan pembangunan atau tahap renovasi konstruksi.

Setiap lulusan teknik mesin dituntut untuk bisa menghubungkan sistem listrik seperti pemanas, bangunan hijau, kualitas air dan sebagainya. Agar dapat menjadi seorang ahli teknik, diperlukan terlebih dulu menempuh studi S1. Kisaran gaji yang bisa didapatkan adalah 4-7 jutaan.

Kemampuan yang dibutuhkan adalah identifikasi peluang penghematan energi. Sehingga bisa memberikan rekomendasi untuk mencapai penggunaan energi efisien. Lebih dari itu, pengelolaan, pengembangan, perancangan dan pembangunan proyek harus bisa dipastikan untuk menerima anggaran sesuai dengan hukum federal dan Negara.

Ahli Teknik Energi Angin

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi ahli teknik energi angin. Pekerjaan ini menuntut lulusan jurusan ini untuk bertanggung jawab dalam merancang sistem ladang kolektor angin pada bagian bawah tanah maupun permukaan. Selain itu, juga dituntut untuk bisa mempersiapkan dan mengembangkan spesifikasi area untuk ladang. Pekerjaan ini hanya bisa dilakukan dengan menempuh jenjang pendidikan minimal S1 jurusan teknik konversi energi.

Auditor Energi

Seorang auditor energi mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan energi bangunan, sistem gedung dan sistem pemrosesan. Hal tersebut dubutuhkan untuk dapat melakukan penilaian level investasi terhadap bangunan sistem tersebut.

Insinyur Energi

Salah satu prospek kerja lain, yang tidak kalah menjanjikan adalah bisa menjadi seorang insinyur energi. Adapaun perusahaan yang bisa dijadikan tempat kerja antara lain seperti BUMN, Conoco phillips atau PT GE Indonesia dan untuk lulusan terbaiknya, memiliki peluang untuk menempati posisi insinyur energi yang ada pada perusahaan.

Staff Kementrian ESDM

Staff kementrian ESDM merupakan salah satu devisi pemerintah yang bergerak di bidang pengawasan energi dan juga sumber daya baik berupa minyak, gas beserta jenis mineral lain. Untuk meningkatkan profesionalitas kementrian ESDM merektur lulusan jurusan teknik mesin yang handal dalam konversi energi dan ditempatkan sebagai staf ahli divisi. Adapun gajinya berkisar 5 jutaan ke atas.

Pimpinan Proyek

Di tanah air ada banyak proyek yang bergerak di bidang energi. Sebuah proyek barang tentu membutuhkan pemimpin yang memiliki tugas untuk mengatur pekerjaan serta memastikan prosesnya berjalan lancar dan teratur. Di Negara berkembang yang fokus pada pengelolaan energi serta sumber daya, maka menjadi peluang untuk para lulusan dalam mencari pekerjaa. Kisaran gaji yang bisa didapatkan adalah 5 jutaan ke atas.

Kontraktor

Kontraktor adalah orang atau badan hukum yang disewa untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan skema perjanjian yang disepakati sesuai dengan keahliannya. Lulusan dari jurusan teknik mesin bisa menjadi kontraktor di perusahaan, dengan kisaran gaji 5-10 juta perbulan.

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) merupakan salah satu pilihan perguruan tinggi yang recommended untuk kuliah bidang teknik konversi energi pada jurusan teknik mesin. Selain jurusan tersebut, ITDA juga memiliki banyak bidang pelajaran dan jurusan unggulan lain, seperti Teknik Dirgantara, Aeronautika dan lain-lain. Kunjungi website resmi ITDA untuk info selengkapnya.