Yuk! Kenalan Dengan…

Yuk! Kenalan Dengan Bengkel Pesawat Terbang di Indonesia


Industri penerbangan dianggap sebagai salah satu industri yang memiliki ketahanan pasar yang cukup baik. Hal ini dikarenakan lalu lintas penerbangan yang terus meningkat dua kali lipat setiap 15 tahun. Walaupun adanya gangguan resesi global, krisis finansial, guncangan minyak, pandemik, dan lain sebagainya. Salah satu kunci industri penerbangan dapat bertahan dari berbagai gangguan adalah adanya bengkel pesawat terbang.

Pesawat tidak selamanya terbang begitu saja tanpa adanya perawatan (maintenance) dan perbaikan (repair). Tingkat keselamatan dan keamanan yang menjadi prioritas utama dalam dunia penerbangan mendorong adanya bengkel pesawat. Setiap jenis pesawat yang dimiliki oleh maskapai (Airline) atau sebuah perusahaan diwajibkan untuk mempunyai jadwal rutin perawatan.

Perlu untuk sobat dirgantara tahu! bahwa pesawat terbang tidak dirawat atau diperbaiki ketika ada masalah. Tetapi, pesawat terbang yang diproduksi oleh industri manufaktur memiliki panduan atau dokumen perawatan. Sehingga para pemilik pesawat terbang sudah memiliki jadwal tetap pesawat terbang harus dilakukan perawatan atau perbaikan berbagai komponen yang sudah habis masa pakainya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bengkel pesawat terbang. Berikut ini bisa sobat dirgantara simak berbagai penjelasannya.

Apa Itu Bengkel Pesawat?


Bengkel pesawat terbang, sumber: bisnis.tempo.co

Bengkel pesawat atau memiliki nama industri Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) adalah organisasi atau perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa perawatan dan perbaikan pesawat terbang. Setiap negara memiliki regulasi atau aturan masing-masing tentang bengkel pesawat terbang. Di Indonesia regulasi itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Organisasi atau perusahaan yang ingin mendirikan bengkel pesawat atau MRO harus memenuhi berbagai persyaratan operasional. Salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan MRO adalah sertifikat organisasi pesawat udara (Approved Maintenance Organization). Ketika sudah memiliki sertifikat tersebut maka perusahaan bengkel pesawat dapat beroperasi untuk melakukan perawatan dan perbaikan.

Dengan adanya perusahaan MRO para pemilik pesawat terbang diwajibkan dari pihak yang berwenang dalam mengatur regulasi penerbangan untuk melakukan program perawatan (maintenance program) atau check kondisi kelaikan terbang. Pesawat yang mengikuti program perawatan adalah untuk setiap tipe pesawat terbang yang dioperasikan.

Dokumen perawatan pesawat terbang akan dilakukan pemeriksaan dan disetujui oleh Regulator dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) c.q. Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) sebagai otoritas yang berwenang di Indonesia. Sehingga setiap maskapai atau pemilik pesawat terbang akan diperiksa mengenai kepatuhan terhadap regulasi penerbangan. Salah satunya adalah kepatuhan terhadap perawatan dan perbaikan pesawat terbang.

Mengapa Bengkel Pesawat itu Penting?

Pertumbuhan produksi pesawat terbang yang setiap tahunnya mengalami peningkatan sesuai dengan jumlah permintaan pasar. Menjadikan bengkel pesawat terbang atau perusahaan MRO menjadi sangat penting kehadirannya. Tidak setiap negara memiliki bengkel pesawat hanya, beberapa perusahaan MRO pada setiap negara yang memenuhi persyaratan yang dapat beroperasi.

Kehadiran bengkel pesawat terbang  jika sobat dirgantara tahu! akan sebanding dengan jumlah pesawat yang aktif beroperasi dalam melakukan penerbangan. Karena setiap bengkel pesawat memiliki kapasitas dan fasilitas yang sesuai dengan kemampuannya. Sehingga jumlah bengkel pesawat terbang pada setiap negara terus diupayakan untuk dimiliki. 

Jumlah pesawat terbang yang terus mengalami peningkatan dalam segi operasional penerbangan. Menjadikan bengkel pesawat memiliki peran tugas dan tanggung jawab yang sangatlah besar. Mengapa sobat dirgantara? karena perawatan dan perbaikan sepenuhnya dilakukan oleh bengkel pesawat. Jadi, keamanan, keselamatan, dan kelaikan pesawat terbang ditentukan dari proses perawatan dan perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan MRO.

Bengkel Pesawat Terbang di Indonesia

Bengkel pesawat terbang hampir terdapat pada setiap daerah yang memiliki bandara dengan kapasitas besar yang ada di Indonesia. Namun, dari beberapa bengkel pesawat tersebut tidak semuanya memiliki sertifikasi Internasional. Berikut ini bengkel pesawat terbang atau perusahaan MRO di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Internasional diantaranya:

1. Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF)


Garuda Maintenance Facility (GMF), sumber: cnbcindonesia.com

Perusahaan Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) didirikan pada tanggal 26 April 2002. Perusahaan MRO ini merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Bergerak di bidang jasa perawatan pesawat terbang, perawatan komponen dan kalibrasi, perawatan mesin untuk pesawat dan industri.

Serta menerima pembuatan dan perawatan sarana pendukung, jasa engineering, jasa layanan material, logistik, pergudangan dan konsinyasi serta jasa konsultan, pelatihan dan penyediaan tenaga ahli di bidang perawatan pesawat, komponen dan mesin. Berlokasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

2. Merpati Maintenance Facility (MMF)


Merpati Maintenance Facility (MMF), sumber: jpnn.com

Perusahaan Merpati Maintenance Facility (MMF) diresmikan pada tanggal 6 September 1991 bertepatan dengan HUT ke-29 PT Merpati Nusantara Airlines, oleh Menteri Perhubungan Bapak Ir. Azwar Anas di Surabaya. MMF adalah Organisasi Pemeliharaan yang disetujui dalam lingkup persetujuan yang tunduk pada semua persyaratan yang berlaku dari part 145 Peraturan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Bergerak pada bidang berbagai level pekerjaan seperti: Major D-Check (B737, F100, F-28, F27, CN235, Casa 212, DHC-6 212), TCAS, TAWS, HF Installation (Include Engineering Design), Repair and Alteration. MMF memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai salah satu MRO terbesar di Indonesia, dipadukan dengan kapabilitas yang up to date. Berlokasi di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

3. IndoPelita Aircraft Service (IAS)


IndoPelita Aircraft Service (IAS), sumber: pelita-air.com

Perusahaan PT Pelita Air Service (IAS) didirikan pada tanggal 24 November 1987 dan merupakan anak perusahaan dari Pelita Air Service (PAS). Sebagai salah satu perusahaan MRO, memegang lisensi Organisasi Pemeliharaan, Perbaikan, dan Rekayasa Pesawat yang disetujui oleh otoritas penerbangan Indonesia yang disertifikasi di bawah DGCA 145/16800. Berlokasi di Pangkalan Udara Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Itulah informasi mengenai bengkel pesawat terbang di Indonesia. Ternyata kehadiran bengkel pesawat atau perusahaan MRO sangatlah penting ya sobat dirgantara! karena membantu dalam menjaga kondisi dan kelaikan terbang pesawat.

Bila sobat dirgantara sedang mencari sekolah kedirgantaraan? Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) Yogyakarta bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena sistem pembelajarannya sesuai dengan ilmu dirgantara sehingga, menghasilkan lulusan yang siap untuk bekerja. 

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat dirgantara ya!