Prospek Kerja Menarik…

Prospek Kerja Menarik di Prodi Sistem Informasi, Ambil Kesempatan Ini!


Apa itu program studi sistem informasi? Prodi sistem informasi adalah sebuah gabungan keilmuan dari manajemen bisnis dan teknologi informasi. Nantinya mahasiswa akan belajar bagaimana caranya membangun sistem yang baik untuk mengelola bisnis.


Untuk calon mahasiswa yang baru lulus dan akan melanjutkan kuliah tentu saja bertanya-tanya mengenai jurusan yang satu ini. Misalnya saja seperti “prodi sistem informasi belajar apa saja?” dan lain sebagainya. Pertanyaan tersebut merupakan hal yang wajar ditanyakan oleh calon mahasiswa yang belum mengetahui tentang prodi ini.


Nantinya mahasiswa yang memilih jurusan sistem informasi akan mempelajari berbagai hal terkait bisnis dan teknologi. Seorang mahasiswa sistem informasi akan mengolah, menganalisis, dan juga memvisualisasikan sistem yang dibuat. 


Sistem yang telah dibuat tersebut nantinya akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan dalam mengambil keputusan. Mahasiswa yang mengambil program studi informatika juga akan membuat sistem yang bisa mengolah data dalam waktu yang relatif cepat.

Pembelajaran di Jurusan Sistem Informasi

Terdapat berbagai mata kuliah yang nantinya akan dipelajari oleh mahasiswa yang masuk ke prodi sistem informasi. Seluruh materi pembelajaran tersebut wajib dikuasai oleh mahasiswa sistem informasi. Tujuannya agar memudahkan saat lulus dan mencari pekerjaan. Berikut beberapa materi pembelajaran yang ada di prodi sistem informasi.

1. Bahasa Pemrograman

Nantinya bahasa pemrograman akan menjadi salah satu mata kuliah penting yang ada di jurusan sistem informasi. Ada ribuan bahasa pemrograman yang perlu dipelajari oleh mahasiswa sistem informasi. Seorang mahasiswa yang mengambil jurusan ini wajib mengetahui berbagai bahasa pemrograman yang ada.


Hal ini dikarenakan, nantinya lulusan dari sistem informasi ini akan membuat sebuah sistem yang berguna untuk perusahaan. Ada beberapa bahasa pemrograman untuk website misalnya, diantaranya ada Phyton, PHP, Ruby, hingga Javascript.

    2. Coding

    Coding juga termasuk salah satu mata kuliah yang wajib dikuasai di jurusan ini. Sebelum masuk ke prodi sistem informasi, calon mahasiswa bisa mempelajari sedikit mengenai coding. Dengan begitu, nantinya calon mahasiswa tidak akan kaget.


    Hal ini dikarenakan hampir semua kegiatan perkuliahan akan ada sangkut pautnya dengan coding. Jadi skill coding wajib dikuasai oleh mahasiswa sistem informasi.

    3. Ilmu Matematika

    Berbagai ilmu matematika seperti aljabar, statistik, matematik diskret, hingga kalkulus juga akan dipelajari oleh mahasiswa sistem informasi. Sistem informasi membutuhkan teknik perhitungan yang tepat, sehingga ilmu matematika sangat dibutuhkan.


    Untuk calon mahasiswa yang berasal dari jalur IPA atau suka dengan ilmu matematika, maka cocok sekali masuk ke jurusan ini. Ilmu matematika tersebut akan terus digunakan hingga mahasiswa lulus dari bangku perkuliahan. 

    Prospek Kerja Lulusan Sistem informasi

    Prospek kerja dari seorang lulusan prodi sistem informasi sangatlah menjanjikan. Apalagi di era saat ini sistem informasi sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan untuk mengelola bisnis. Jadi tidak heran jika prospek kerja lulusan sistem informasi sangat menarik dan menjanjikan.


    Misalnya saja untuk lulusan sistem informasi yang bekerja di bagian staf bidang teknologi informasi, bisa memperoleh gaji sekitar 5 juta jika dirata-rata. Gaji awal tersebut masih bisa naik tergantung perusahaan mana yang menjadi tempat bekerja seorang lulusan sistem informasi.


    Pengalaman dan faktor pendukung lainnya juga berpartisipasi dalam kenaikan gaji tersebut. Berikut ini ada beberapa pekerjaan yang menaungi lulusan dari jurusan sistem informasi.

    1. IT Manager

    Prospek kerja yang pertama dari lulusan sistem informasi adalah menduduki jabatan sebagai IT manager. IT manager memiliki peran yang penting bagi sebuah perusahaan. Terutama dalam bidang pengembangan serta peningkatan sistem informasi dan teknologi di sebuah perusahaan.


    Seorang IT manager bisa berpeluang memiliki gaji yang besar. Hal tersebut tentu saja dipengaruhi dari pengalaman dan kemampuan dari seorang IT manager dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

    2. System Analyst

    System analyst merupakan sebuah profesi yang bertugas untuk melakukan analisis serta merancang sebuah sistem yang nantinya diimplementasikan pada perusahaan. Selain itu seorang system analyst juga memiliki tanggung jawab terhadap hasil yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut.

    3. Project Manager

    Prospek kerja dari lulusan sistem informasi berikutnya adalah menduduki jabatan sebagai project manager. Jika dilihat dari sisi bisnis, seorang project manager berperan penting untuk mengkoordinir seluruh anggota tim yang ada di dalam sebuah proyek.

    4. Database Administrator

    Profesi berikutnya dari seorang lulusan sistem informasi adalah database administrator. Tugas dari database administrator ini adalah untuk mengelola dan juga merapikan berbagai data milik perusahaan. Selain itu database administrator juga bertugas untuk merancang sistem keamanan yang baik guna melindungi data dari risiko peretasan.


    Dikutip dari lama glints.com menyatakan bahwa diprediksi pada tahun 2018 hingga 2028 permintaan database administrator di Amerika Serikat akan meningkat sekitar 9%. Hal tersebut juga terjadi di Indonesia. Terdapat berbagai perusahaan yang membutuhkan kandidat mumpuni untuk menduduki jabatan database administrator. 

    5. Web Developer

    Web developer merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk membuat serta mengembangkan sebuah website. Dengan mengambil jurusan sistem informasi, maka calon mahasiswa bisa menjadi seorang web developer nantinya ketika sudah lulus.

    Itulah tadi penjelasan mengenai prodi sistem informasi yang perlu diperhatikan oleh calon mahasiswa. Untuk calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan tersebut bisa mendaftarkan diri ke Sekolah Kedirgantaraan


    Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) Yogyakarta membuka peluang bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di jurusan sistem informasi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai program studi sistem informasi, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman website ITD ADISUTJIPTO Yogyakarta.