Suka Dengan IT? Kuliah…

Suka Dengan IT? Kuliah Teknik Informatika Solusinya


Dengan terus berkembangnya teknologi terutama dibidang Information Technology atau IT berupa (Hardware, Software, dan Useware). Digunakan untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna untuk memperoleh informasi yang berkualitas. Menjadikan kuliah teknik informatika kini menjadi jurusan yang cukup favorit.

Teknik informatika menjadi jurusan pendidikan yang tepat bila ingin berkecimpung dalam dunia IT. Karena semua pembelajaran yang didapatkan sangat berkaitan erat dengan teknologi komputer yang menjadi alat utama untuk menciptakan berbagai teknologi baru.

Semua teknologi canggih yang ada sampai saat ini merupakan proses pembuatan menggunakan teknologi komputer. Sebuah alat yang dirancang dengan kecanggihan dan kecerdasan buatan yang sangat membantu dalam menunjang berbagai pekerjaan manusia. Sehingga hampir di setiap bidang pekerjaan pasti menggunakan teknologi komputer.

Untuk dapat menguasai teknologi komputer menempuh pendidikan dengan kuliah teknik informatika menjadi solusinya. Karena semua ilmu teknologi akan dipelajari salah satunya adalah programming. Menjadi  ilmu dasar yang wajib dikuasai bagi seorang IT agar dapat menciptakan berbagai teknologi baru lewat algoritma yang dibuat.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika


Proses pemrograman, sumber: informatika.bakrie.ac.id

Teknik informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal. Penggunaan teknologi komputer berfokus bagaimana seorang IT dapat menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan logika. Semua pengoperasian teknologi komputer yang dilakukan menggunakan bahasa pemrograman dengan bahasa mesin.

Di jurusan teknik informatika ada banyak prinsip yang dipelajari terkait dengan proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Prinsip inilah yang perlu untuk dipahami dan diketahui agar pengoperasian teknologi komputer dapat optimal dilakukan.

Dengan kata lain kuliah teknik informatika adalah bidang studi yang membahas terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer. Menggunakan sebuah prinsip dan proses logika. Sehingga menjadi seorang IT dituntut untuk bisa memiliki proses berpikir yang cerdas dengan logika dalam memberikan solusi atau menyelesaikan sebuah permasalahan teknologi komputer.

Jurusan teknik informatika merupakan jurusan yang umumnya masuk dalam fakultas teknik atau teknologi. Setiap universitas memiliki sebutan nama yang berbeda-beda contohnya seperti Teknik Informatika yang ada di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) Yogyakarta yang berada di bawah Fakultas Teknik Industri.

Mata Kuliah Teknik Informatika

Adapun mata kuliah teknik informatika yang akan dipelajari selama menempuh proses pendidikan diantaranya:

  1. Algoritma & Struktur Data

  2. Sistem Operasi

  3. Logika Informatika

  4. Strategi Algoritma

  5. Probabilitas dan Statistika

  6. Pemrograman Berorientasi Objek

  7. Rekayasa Perangkat Lunak

  8. Artificial Intelligence

  9. Pemrograman Internet

  10. Kalkulus

  11. Dasar Dasar Pemrograman

  12. Sistem Komputer

  13. Teori Komputasi

  14. Metode Pengembangan Software

  15. Sistem Jaringan

  16. Data Mining

  17. Database dan Sistem Informasi

  18. Kriptografi

  19. Etika & Hukum Cyber

  20. Intelegensia Buatan

  21. Basis Data

Masa Studi Teknik Informatika


Proses pembelajaran kuliah teknik informatika, sumber: genmuda.com

Sama dengan program sarjana  strata-1 yang ada pada setiap jurusan teknik. Dimana, masa studi yang ditempuh maksimal adalah 4 tahun. Ini adalah waktu standar kelulusan bagi seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana teknik. Masa studi ini juga yang diterapkan di teknik informatika.

Masa studi teknik informatika semuanya tergantung dari progres capaian pembelajaran kuliah yang dilakukan. Bila proses perkuliahan diikuti dengan baik maka, lulus tepat waktu yaitu, 4 tahun bisa dicapai atau bahkan lebih cepat 3,5 tahun. Tetapi, masa studi yang dijalani bisa melebihi 4 tahun bila ada faktor-faktor yang mengganggu proses

Jadi, masa studi teknik informatika akan tergantung bagaimana cara dan perencanaan capaian kuliah yang dilakukan. Sehingga perlu untuk menargetkan kelulusan tepat waktu dan mengikuti persyaratan perkuliahan yang sudah ditentukan oleh pihak institusi pendidikan.

Prospek Kerja Teknik Informatika


Web developer, sumber: nukri.com

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat menjadikan prospek kerja dari teknik informatika sangatlah terbuka luas. Karena hampir pada setiap bidang pekerjaan membutuhkan programmer untuk membantu dalam mengatasi dan menyelesaikan sebuah permasalah yang berkaitan dengan IT.

Menurut Bureau of Labor and Statistik (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Data ini menunjukan bahwa lulusan teknik informatika sangatlah dibutuhkan dalam dunia usaha.

Umumnya bidang-bidang pekerjaan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Programmer

  • Software Developer

  • Web Designer

  • System Analyst

  • IT Consultant

  • Software Engineer

  • Database Engineer

  • IT Executive

  • Network Administrator

  • Network Support Engineer

Dari setiap bidang pekerjaan di bidang IT menawarkan gaji yang cukup baik karena sesuai dengan tingkat kesulitan jenis pekerjaan yang dilakukan. Besar gaji yang akan diperoleh umumnya terdapat pada kisaran 4 juta - 11 juta. Tergantung dari jenis pekerjaan dan posisi jabatan yang didapatkan.

Itulah penjelasan mengenai kuliah informatika yang bisa menjadi gambaran jika suka dengan bidang IT dan ingin melanjutkan pendidikan. Karena menjadi seorang yang expert di bidang IT perlu untuk memahami ilmu teknologi komputer secara optimal. Ditambah dengan prospek kerja bagi lulusan teknik informatika yang terbuka luas dengan gaji yang cukup bagus.

Jika sedang mencari kuliah teknik informatika di Jogja, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) bisa menjadi pilihannya. Pembelajaran sesuai dengan kurikulum teknik informatika ditambah dengan kawasan perkuliahan yang nyaman. Pastinya akan banyak pengalaman yang akan didapatkan karena diajarkan langsung oleh tenaga pengajar yang kompeten dibidangnya.

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat sekalian ya! Masih banyak informasi bermanfaat dan menarik lainnya yang bisa sobat baca hanya di laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta.