Ingin Menjadi Mekanik…

Ingin Menjadi Mekanik Pesawat? Ini Tahapannya


Profesi yang masih sangat jarang diketahui oleh sebagian orang adalah mekanik pesawat. Tentunya sangat berbeda bila dibandingkan dengan mekanik pada umumnya. Karena untuk menjadi mekanik pesawat haruslah melewati sebuah pendidikan dan juga pelatihan. Sehingga tidak sembarang orang yang dapat terjun atau bisa menekuni bidang profesi ini.

Pesawat terbang merupakan transportasi udara yang sangat ketat akan prosedur keselamatan. Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa hanya orang-orang terpilih yang bisa memiliki profesi sebagai mekanik pesawat.

Jika ingin menjadi mekanik pesawat ada banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan terutama dari segi pendidikan yang sesuai. Telah banyak institusi yang menyediakan jurusan yang sesuai namun, belum menjuru pada bidang pesawat terbang. Dengan bergabung di teknik mesin ITDA peluang untuk menjadi profesi mekanik pesawat sangatlah terbuka luas. 

Apa Itu Mekanik Pesawat?

Mekanik pesawat adalah profesi yang bertugas untuk merawat, memperbaiki, dan menjaga kualitas mesin. Semua mesin yang digunakan pada pesawat terbang menjadi tanggung jawab seorang teknisi untuk dapat menjaga performanya. Sehingga mesin yang digunakan pada pesawat terbang dapat berfungsi dan digunakan dalam kondisi yang laik terbang.

Sama dengan transportasi lainnya yang perlu untuk dilakukan pengecekan secara berkala. Pesawat pun demikian perlu untuk selalu dilakukan pengecekan baik sebelum terbang dan sesudah terbang. Hal ini dilakukan agar resiko terjadinya kegagalan pada mesin dapat dikurangi dan dihindari.

Oleh sebab itu, mekanik pesawat menjadi salah satu profesi yang cukup besar tanggung jawabnya. Karena pekerjaan yang dilakukan sangat berkaitan erat dengan keselamatan dan keamanan penumpang pesawat terbang. 

Tugas Mekanik Pesawat

Jika dilihat tugas mekanik pesawat terbang hampir sama dengan mekanik pada transportasi lainnya. Dimana, memiliki tugas untuk merawat, memperbaiki, dan menjaga kondisi dari mesin pesawat yang digunakan dapat berfungsi dengan baik. Bila diurutkan kembali tugas mekanik pesawat secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Merawat dan memperbaiki sistem ataupun mekanikal yang terdapat pada pesawat.

  2. Menjaga status kelaikan terbang pesawat agar tetap dalam kondisi baik saat beroperasi.

  3. Melakukan pemeriksaan, pemeliharaan, dan pengecekan secara berkala pada bagian mekanikal dari pesawat seperti engine dan lain sebagainya.

  4. Membuat dan menyimpan catatan perbaikan, pemeliharaan, dan pengecekan yang dilakukan pada pesawat sebagai data informasi dari kondisi pesawat.

  5. Mendokumentasikan setiap perawatan yang dilaksanakan sebagai bentuk preventif dan dan korektif pesawat.

  6. Dapat menentukan kelaikan pesawat sebelum digunakan atau beroperasi secara penuh untuk berbagai kebutuhan.

Karir dan Gaji Mekanik Pesawat

Menjadi mekanik pesawat juga memiliki jenjang karir dan gaji yang sangat bagus. Sehingga, bukan hanya menjadi sebuah profesi dengan tanggung jawab besar. Namun, juga memiliki banyak keuntungan dan kelebihan yang bisa diperoleh ketika menjadi teknisi pesawat terbang.

Sudah menjadi seharusnya sebuah profesi yang sangat ketat dalam menjaga tingkat keamanan untuk sebuah keselamatan. Mendapatkan suatu hasil yang sesuai dengan profesi atau apa yang dikerjakan sebagai teknisi pesawat terbang. Inilah mengapa karir dan gaji mekanik pesawat sangatlah menjanjikan.

Untuk jenjang karir mekanik pesawat ada beberapa yang diantaranya:

  • Teknisi Pesawat

  • Junior Engineer

  • Senior Engineer

  • Head of Engineer

Jenjang karir yang paling tinggi adalah Head of Engineer yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memantau pemeliharaan pesawat. Bisa juga dikatakan sebagai pemimpin tim saat melakukan pemeliharaan dan perawatan pesawat.

Gaji dari setiap jenjang karir pun tidaklah sama artinya, semakin tinggi jenjang karir yang dimiliki maka, gaji yang didapatkan pun akan meningkat. Kisaran gaji dari teknisi pesawat kurang lebih sebesar Rp. 4.500.000 - Rp. 6.500.000. Sama dengan gaji yang didapatkan oleh mekanik pesawat Garuda.

Setiap perusahaan pesawat terbang memiliki kebijakannya masing-masing terhadap jenjang karir dan gaji setiap teknisi (engineer). Semakin baik kualitas yang dimiliki oleh teknisi pesawat dengan memiliki lisensi dan keterampilan (skill). Maka, jenjang karir dan gaji yang didapatkan akan sesuai dengan kualitas diri yang dimiliki. Sehingga sangat penting untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memenuhi persyaratan untuk menjadi mekanik pesawat.

Cara Menjadi Mekanik Pesawat

Sama dengan profesi lainnya dimana, pasti memiliki tahapan atau syarat yang harus dipenuhi. Menjadi mekanik pesawat juga ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Berikut ini tahapan untuk menjadi engineer pesawat terbang diantaranya:

  1. Menempuh Pendidikan Formal

Jenjang pendidikan dari SD, SMP, dan SMA sangat wajib untuk ditempuh dan diselesaikan. Karena pendidikan formal ini merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki jika ingin menjadi teknisi pesawat. Jadi, usahakan harus memiliki Ijazah dari jenjang pendidikan tersebut.

  1. Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maka, sudah semakin menjuru bidang profesi yang ingin ditekuni. Karena di perguruan tinggi ada banyak jurusan yang ditawarkan salah satunya adalah Teknik Penerbangan atau Dirgantara.

Perlu diperhatikan juga bahwa, tidak semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia menyediakan jurusan Teknik Penerbangan. Bila hitung hanya terdapat beberapa saja perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Salah satu dari beberapa perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta.

  1. Mengikuti Sekolah Sertifikasi Aircraft Maintenance Engineers (AME)

Jika ingin jenjang karir yang baik di bidang teknisi pesawat, akan sangat bagus bila selesai menempuh pendidikan formal dan di perguruan tinggi mengikuti sekolah sertifikasi. Dengan mengikuti Sekolah Sertifikasi Aircraft Maintenance Engineers (AME) banyak keuntungan yang didapatkan. Karena pada dasarnya untuk menjadi mekanik pesawat wajib memiliki lisensi atau sertifikat profesi.

Untuk Sertifikasi Aircraft Maintenance Engineers (AME) ada beberapa diantaranya:

  • A1 : General License untuk Airframe Airplane (Fixed Wing)

  • A2 : General License untuk Airframe Helicopter (Rotary Wing)

  • A3 : General License untuk Piston Engine

  • A4 : General License untuk Turbine Engine

Tinggal disesuaikan dengan bidang profesi teknisi pesawat seperti apa yang sesuai dengan keterampilan dan keinginan yang dimiliki.

Itulah sedikit penjelasan mengenai mekanik pesawat yang menjadi bidang profesi yang juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Walaupun demikian adanya tetapi, bila sudah menjadi teknisi pesawat terbang pasti akan menikmati setiap pekerjaan yang dilakukan.

Masih banyak informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar dunia penerbangan yang bisa dibaca hanya di laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto.