WAREK III ITDA PIMPIN…

WAREK III ITDA PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN PRA PENDIDIKAN DASAR CALON RESIMEN YUDHA 45 MENWA MANGGALA DIRGANTARA


Wakil Rektor III Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA), Gunawan S.T M.T, membuka kegiatan Pra Pendidikan Dasar dalam Upacara Pembukaan di kampus ITDA pada hari Sabtu (14/05). Upacara Pra Pendidikan Dasar diikuti oleh 26 orang, yang terdiri dari 16 anggota aktif, 10 calon resimen, 2 pendukung (PMR), Danramil Banguntapan, Kapolsek Banguntapan, Komandan Satuan Satmenwa Manggala Dirgantara, Wakil Presiden BEM, dan Pembina Resimen Mahasiswa Satmenwa Manggala Dirgantara. Pra Pendidikan Dasar nantinya akan di pimpin oleh I Made Gede Apniel Umbu Pati Selaku Komandan Latihan Pra Pendidikan Dasar Yudha XLV. Pada kegiatan yang berlangsung dari tanggal 14 – 15 Mei 2022 tersebut calon resimen dibekali ilmu pengetahuan dan keprajuritan diantaranya kemenwaan, survival dan Peraturan Baris Berbaris (PBB). 

Latihan berganda di hari kedua mendapatkan serangkaian praktek materi yang di berikan oleh senior sehingga calon resimen siap dalam fisik maupun mental ketika didelegasikan sebagai siswa Pendidikan Dasar Yudha XLV di Dodiklatpur, Klaten. Dalam sambutannya Wakil Rektor III menyampaikan agar para anggota dapat lebih memaknai pentingnya bela negara. 

Adapun tugas pokok dan fungsi resimen mahasiswa, diantaranya sebagai komponen pertahanan negara, komponen perlindungan masyarakat dan sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) khusus di Perguruan Tinggi, yang membantu terlaksananya pembinaan kesadaran bela negara serta kelancaran kegiatan dan program lainnya. Harapannya, seluruh peserta Pra Pendidikan Dasar nantinya dapat mengaplikasikan semua latihan yang telah diberikan oleh senior sebelumnya.