Hardiknas 2022 : ITDA…

Hardiknas 2022 : ITDA ikut bergerak untuk merdeka belajar di bidang kedirgantaraan


Berdasarkan Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) oleh pemerintah Republik Indonesia. Tanggal tersebut bertepatan juga dengan kelahiran Ki Hajar Dewantara yaitu pada tanggal 2 Mei 1889, sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Hardiknas tahun ini jatuh bersamaan dengan Hari Raya Idul fitri 1443 H. Oleh sebab itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Hardiknas Tahun 2022 mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Tema ini telah dipilih dan disebutkan dalam laman website Kemdikbud serta disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melalui surat edaran Nomor 28254/MPK/TU.02.03/202. Seperti dikutip pada pidato Mendibud mengajak untuk para penggerak merdeka belajar di seluruh Indonesia untuk tetap bergerak karena ke depan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Oleh karenanya, kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar. Sudah sepatutnya kita sebagai anak-anak bangsa meningkatkan kepercayaan diri, keberanian, jiwa nasionalisme serta pantang menyerah. Sebagaimana Ki Hajar Dewantara yang pernah berkata: “Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun.” Bersama-sama kita bisa, Indonesia akan pulih. Salam dirgantara dari Kami ITDA Yogyakarta.