Wisuda Program Sarjana…

Wisuda Program Sarjana dan Diploma ITD ADISUTJIPTO Dihadiri oleh Ketum YASAU


Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) kembali meluluskan alumninya yang acara wisudanya dilaksanakan hari ini, Rabu 24 November 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring terbatas atau hybrid ini bertempat di Kesultanan Ballroom Royal Ambarukmo Yogyakarta. Wisuda periode XVI tahun akademik  2021/2022 kali ini diikuti oleh 332 orang wisudawan yang berasal dari Program Studi Teknik Dirgantara (77 orang), Program Studi Teknik Mesin (90 orang), Program Studi Informatika (43 orang), Program Studi Teknik Industri (25 orang), Program Studi Teknik Elektro (46 orang) dan Program Studi Aeronautika (51 orang). Prosesi uda akan dipimpin langsung oleh Rektor ITDA, Marsekal Muda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc.

Pada kesempatan wisuda tahun ini, sambutan akan diberikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., selaku Pembina YAYASAN TNI AU Adiupaya (YASAU) secara daring. Acara ini pula dihadiri langsung oleh Ketua Umum YASAU Marsma TNI (Purn) Dr. Samto Hadi Isnanto, S.E., M.A. yang dalam prosesi wisuda akan memindahkan tali toga sebagai tanda kelulusan bagi para wisudawan.   Hadir pula jajaran Pengurus YASAU dari jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan YASAU dan undangan lainnya.

Diantara para wisudawan tersebut terdapat 54 mahasiswa yang meraih predikat cum laude. Mereka berasal dari Program Studi (Prodi) Teknik Dirgantara 8 orang, Prodi Teknik Mesin 13 orang, Prodi Informatika 10 orang, Prodi Teknik Elektro 3 orang, Prodi Teknik Industri 2 orang, dan Prodi Aeronautika 18 orang. Wisudawan terbaik tahun ini diraih oleh Rosalia Setia Nursanti dengan IPK 3,98 dari Prodi Informatika. Adapun wisudawan dengan IPK tertinggi untuk masing-masing Prodi yaitu : Adhi Tyas Wahyu Tri Utomo IPK 3,84 dari Prodi Teknik Mesin; Sayekti IPK 3,81 dari Prodi Teknik Elektro; Filan Hamada Afta IPK 3,75 dari Prodi Aeronautika; Sandy Adam IPK 3,68 dari Prodi Teknik Industri dan Adrian Nasaifal Ramadhan IPK 3,66 dari Prodi Teknik Dirgantara. Saat ini, para lulusan ITD ADISUTJIPTO semakin banyak diminati oleh dunia industri dirgantara. Hal ini terbukti dengan dilakukannya beberapa kali recruitment langsung yang dilakukan di ITD ADISUTJIPTO oleh GMF Aero Asia dan Lion Air, Sinar mas, PT.YAUP, PT. YASUNLI dan lain-lain. Lulusan ITD ADISUTJIPTO juga sudah banyak berkarir di BUMN seperti PTDI, AngkasaPura I dan II. Tidak hanya di dunia industri dirgantara, beberapa lulusan ITD ADISUTJIPTO juga telah berkarir di lembaga pemerintahan seperti di Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, TNI, Polri dan juga BPPT.

Dengan adanya kepercayaan dari pemerintah, TNI AU, BUMN dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat, Rektor ITD ADISUTJIPTO Marsekal Muda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc. berharap agar seluruh civitas akademika ITD ADISUTJIPTO menjadi lebih bersemangat dan bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pendidikan ITDA, terutama dalam inovasi proses pembelajaran mahasiswa maupun peningkatan kualitas dosen.