PELATIHAN PUBLIKASI…

PELATIHAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH “KIAT MENEMBUS PUBLIKASI ILMIAH BEREPUTASI”


Penelitian, publikasi, merupakan satu mata rantai yang penting, karena tanpa adanya publikasi, penelitian sehebat apapun tidak bisa di kenal dan dinilai khalayak umum. Publikasi adalah salah satu mata rantai penelitian yang berfungsi untuk menyebarluaskan ide dan hasil penelitian. Salah satu cara untuk mempublikasikan hasil penelitian adalah dengan mengirimkan manuskrip (bakal calon paper) dalam sebuah jurnal ilmiah. Semakin banyak publikasi yang dihasilkan maka semakin tinggi juga nilai indeks yang di akui secara khalayak umum. Semakin tinggi  indeks publikasi dosen maka indeks publikasi di institusi juga semakin tinggi. Sehingga nilai rangking publikasi institusi tingkat nasional juga semakin tinggi. Namun dalam publikasi, pemilihan jurnal ilmiah yang bereputasi dan terakreditasi merupakan hal yang tidak mudah, apalagi untuk peneliti pemula.

Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) menyelenggarakan Pelatihan Publikasi Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Kiat Menembus Publikasi Ilmiah Bereputasi” pada Kamis, (08/08/2019) bertempat di Ruang Adisutjipto STTA, dengan mengundang narasumber Dr. Eng. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng. dari Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan M. Ridlo Erdata Nasution, S.T., M.T., Ph.D. Eng., yang juga merupakan dosen Teknik Dirgantara STTA. Dihadiri oleh Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs T Ken Darmastono, M.Sc., para waket, serta dikuti oleh sekitar 70 dosen STTA dan 15 dosen dari perguruan tinggi mitra STTA.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua STTA, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian paparan materi penulisan karya ilmiah dalam bentuk presentasi, dan tanya jawab interaktif antara peserta dengan Narasumber. Pelatihan karya tulis ini, bertujuan memberikan pengetahuan bagi para peneliti dalam menulis karya ilmiah, mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah bagi para dosen / peneliti, mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para dosen / peneliti, serta mendorong dan meningkatkan jumlah sitasi hasil riset para dosen / peneliti. Harapannya peserta pelatihan, dapat menghasilkan karya ilmiah, sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.