PEMBEKALAN "SOFTSKILL…

PEMBEKALAN "SOFTSKILL TRAINING SUCCESS AND JOB PREPARATION" BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR DAN ALUMNI STTA


Untuk meraih keberhasilan dalam dunia kerja merupakan impian bagi semua orang, khususnya bagi para lulusan mahasiswa baru atau freshgraduate. Namun, hal tersebut bukanlah suatu yang mudah, perlu adanya kemampuan dalam penguasaan berbagai aspek diantaranya hardskill dan softskill. Sementara itu di bangku Perguruan Tinggi, ilmu yang didapatkan lebih banyak pada aspek hard skill, dimana aspek tersebut mencakup pengetahuan dan keahlian spesifik sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa perlu adanya pembekalan aspek softskill, dimana aspek tersebut juga mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam dunia kerja.

Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) ingin menyiapkan dan membekali para lulusan mahasiswanya untuk menjadi para alumni yang siap menghadapi tantangan dunia kerja. Oleh karena itu, STTA mengundang Cristal Indonesia Manajemen (CIM) sebuah lembaga training pengembangan karier untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam bidang softskill, menggali potensi diri, kreatif dan inovatif sehingga mampu untuk memotivasi diri untuk meraih masa depannya. STTA menyelenggarakan pembekalan bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni pada hari ini dengan tema “SOFTSKILL TRAINING SUCCESS JOB PREPARATION”, Rabu, (05/12/2018) di ruang Adisutjipto diikuti oleh sekitar 75 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa berbagai departemen. Hadir Wakil Ketua III STTA, Kol. Sus (Purn) Drs. Suhanto, M.T untuk membuka acara tersebut, didampingi oleh Kepala Bagian Kerjasama dan Alumni Maria Asumpta Deny K, S.Pd., M.Hum beserta stafnya Dewi Pertiwi, S.H. Sementara perwakilan dari CIM dipimpin oleh Risma Kusumanendra, LDP.,S.IP selaku Human Resources Departement (HRD) and Consultant, didampingi Dwi Endah Nur Jannah, S.Pd selaku Instructure Softbond Games and University Program Manager, Sinta Ardhini, S.E selaku Personal Image Development Trainer, beserta tim.

Dalam acara pembekalan tersebut, kegiatan diisi dengan kiat-kiat untuk menghadapi dunia kerja, mulai dari cara menulis  Daftar Riwayat Hidup atau biasa disebut dengan Curiculum Vitae (CV) yang menarik sesuai dengan perusahaan yang dilamar, cara berpakaian formal pada saat diundang dalam wawancara kerja, cara menjawab pertanyaan yang tepat pada saat wawancara kerja/interview, gesture yang ditampilkan pada saat menghadapi pewawancara. Acara kemudian ditutup oleh M. Jalu Purnomo, S.T.,M.Eng,. selaku Kepala Departemen Aeronautika yang juga merupakan alumni STTA angkatan 2002, dengan memberikan motivasi kepada para peserta. Harapannya para mahasiswa tingkat akhir dan alumni STTA, setelah mengikuti softskill training ini dapat membekali diri, selain kemapuan hardskill yang diperoleh dibangku kuliah, juga mempunyai softskill sehingga menjadi lulusan yang berkompetensi dan mampu memenuhi pasar kerja dimana kempuan softskill semakin dituntut.