VISITASI ASESOR BAN…

VISITASI ASESOR BAN - PT PADA DEPARTEMEN TEKNIK MESIN


Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan visitasi ke Departemen Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) pada Rabu (26/02/2019) lalu dalam rangka pelaksanaan asesmen lapangan. Kehadiran tim merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang Akreditasi yang telah diajukan beberapa waktu lalu. Agenda kegiatan visitasi ini berlangsung selama dua hari hingga Kamis (27/02/2019). Acara diawali dengan pembukaan oleh Wakil Ketua III Kol.Sus (Purn) Drs. Suhanto, M.T dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Departemen Teknik Mesin Nurfi Ahmadi, S.T.,M.Eng, dihadiri oleh seluruh pejabat STTA, Kepala P2M, Kepala P3M, Kepala Departemen, Kepala Bagian, dan seluruh dosen Departemen Teknik Mesin.

Perwakilan asesor yang didelegasikan BAN-PT tersebut diantaranya adalah Prof. Ir.Tubagus Ahmad Fauzi Soelaiman, MSME, Ph.D., dan Prof. Ir. Hadi Sutanto , M.M.A.E., Ph.D. Tim asesor melaksanakan tugasnya dengan melakukan kroscek data yang tertera dalam borang pengajuan dan menyesuaikannya dengan fakta lapangan. Hari pertama visitasi diawali dengan klarifikasi dan diskusi borang institusi kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan perpustakaan, fasilitas pelayanan mahasiswa dan proses pembelajaran, serta sarana dan prasarana.

Menginjak hari kedua visitasi, kegiatan diisi dengan dengan wawancara mahasiswa, alumni, dan pengguna, serta mitra kerja. Kemudian dilanjutkan dengan klarifikasi dan diskusi untuk borang Departemen Teknik Mesin dalam rangka verifikasi dan validasi. Wawancara selanjutnya dilakukan bagi dosen yang menjabat struktural dan nonstruktural. Setelah usai melakukan kunjungan lapangan, asesmen lapangan dilanjutkan dengan penyerahan draf berita acara asesmen lapangan, penandatanganan berita acara asesmen lapangan, dan kegiatan visitasi pun selesai. Harapannya nilai yang muncul sesuai dengan yang diharapkan, dan bisa sebagai bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan Departemen Teknik Mesin STTA