Kenalan Yuk! Dengan…

Kenalan Yuk! Dengan Jurusan Teknik Kedirgantaraan


Dari sekian banyak jurusan yang disediakan oleh setiap lembaga institusi pendidikan atau universitas. Ada satu jurusan yang memiliki peluang kerja yang tinggi dengan tingkat pengangguran rendah. Ditambah dengan tingkat pendapatan per tahunnya bisa mencapai miliaran. Jurusan tersebut adalah teknik kedirgantaraan atau biasa dikenal dengan sebutan teknik dirgantara.

Jurusan atau program studi yang berfokus mempelajari bidang keilmuan yang berkaitan dengan bidang kedirgantaraan, seperti perancangan, pembuatan (desain), dan pengoperasian pesawat terbang serta wahana antariksa lain. Bidang keilmuan yang juga dipelajari adalah ilmu-ilmu dasar keteknikan untuk meningkatkan kemampuan yang kritis pada berbagai bidang engineering.

Hanya terdapat beberapa kampus atau institusi pendidikan yang menyediakan jurusan teknik kedirgantaraan. Salah satu kampusnya adalah Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta. Lulusan S1 Teknik Dirgantara dipersiapkan untuk bisa menjadi konseptor, membuat sistem, desain rangka pesawat, melakukan analisis perawatan pesawat, dan lain-lain.

Apa Itu Teknik Kedirgantaraan?

Pada awalnya teknik dirgantara dikenal dengan sebutan teknik penerbangan seiring dengan perkembangan teknologi dan cakupan bidang penerbangan yang semakin luas. Diganti menjadi sebutan teknik dirgantara (aerospace engineering) sehingga, menjadi jurusan yang memiliki fokus pada wahana udara baik yang terbang di dalam dan di luar atmosfer bumi.

Program studi dari jurusan kedirgantaraan memiliki dua fokus utama pada ilmu yang dipelajari yaitu,  Aeronautika dan Astronotika. Dengan memiliki fokus ilmu  yang dipelajari akan membantu dalam mencetak sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya. Karena ilmu yang dipelajari akan benar-benar fokus pada cakupan kedirgantaraan dari berbagai aspek seperti keteknikan, perawatan, operasi, dan lain sebagainya.

Dari berbekal ilmu yang didapatkan saat menempuh pendidikan dengan jurusan kedirgantaraan. Dunia pekerjaan pada bidang penerbangan akan sangat terbuka luas, karena perusahaan industri dan perawatan selalu membutuhkan lulusan teknik dirgantara setiap tahunnya. Ini terlihat dari meningkatnya penggunaan pesawat terbang sebagai transportasi udara yang sangat efisien dari segi waktu dan yang lainnya.

Kualifikasi dan kemampuan yang baik sangat diperlukan bila ingin membangun karir profesi di bidang penerbangan. Karena tidak semua orang bisa mengambil jurusan ini tanpa adanya kemampuan dan kemauan. Karena lulusan dari jurusan teknik dirgantara harus bisa memenuhi kualifikasi sesuai dengan tingkat kebutuhan dalam dunia penerbangan.

Mata Pelajaran di Jurusan Teknik Dirgantara

Pada jurusan teknik kedirgantaraan ada beberapa mata pelajaran yang akan dipelajari. Semua mata pelajaran tersebut saling terkait satu sama lain sehingga, dituntut untuk dapat mengerti dan memahami dalam setiap pembelajarannya. Mata pelajaran tersebut diantaranya:

  1. Matematika Teknik

  2. Kalkulus 

  3. Pengenalan Teknik Dirgantara

  4. Fisika

  5. Kimia

  6. Perpindahan Panas

  7. Termodinamika

  8. Aerodinamika

  9. Material Pesawat Terbang

  10. Perawatan Pesawat Terbang

  11. Kendali Terbang

  12. Teknik Pengukuran Terbang

  13. Sistem Pesawat Terbang

  14. Dinamika Terbang

  15. Getaran Mekanik

  16. Propulsi Pesawat Terbang

Masih banyak lagi mata pelajaran lainnya yang dipelajari pada jurusan teknik kedirgantaraan. Mata pelajaran tersebut sebagai tambahan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman pada bidang penerbangan khususnya pesawat terbang dan wahana udara lainnya.

Keunggulan Teknik Dirgantara

Dengan adanya penerapan sistem kualifikasi bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan dengan jurusan teknik dirgantara. Tentunya membuat banyak keunggulan yang dapat ditawarkan dari jurusan ini yang sangat terkenal dan identik dengan wahana udara salah satunya adalah pesawat terbang.

Keunggulan yang dimiliki hampir sama dengan teknik aeronautika, hanya saja teknik dirgantara memiliki dua fokus ilmu yang membedakan yaitu, Aeronautika dan Astronotika. Sehingga jika dibandingkan teknik dirgantara bisa lebih diunggulkan karena cakupannya ilmu yang dipelajari lebih luas.

Jika memiliki ketertarikan bukan hanya pada pesawat terbang tetapi, tertarik juga dengan pesawat luar angkasa. Memilih teknik dirgantara sebagai jurusan untuk melanjutkan pendidikan dalam mendukung karir di dunia penerbangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena akan banyak hal yang dapat dipelajari bukan hanya yang berkaitan dengan pesawat terbang tetapi, wahana udara lainnya juga dapat dipelajari.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan dari jurusan teknik kedirgantaraan diantaranya:

  • Jenjang karir yang sangat menjanjikan. Karena memiliki lapangan kerja yang terbuka luas. 

  • Menjadi jurusan yang juga banyak diminati. Karena terdapat kualifikasi yang harus dapat dipenuhi.

  • Proses pembelajaran yang keren. Karena bukan hanya teori yang dipelajari tetapi, dibarengi juga dengan praktek langsung pada pesawat terbang.

  • Memiliki jenjang pendidikan yang linear. Sehingga bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

  • Meningkatkan kedisiplinan dalam berbagai hal. Karena bekerja di dunia penerbangan membutuhkan kedisiplinan yang tinggi untuk mengurangi human error.

  • Memiliki gaji yang sangat menjanjikan. Gaji yang didapatkan akan sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan dan jenjang karir.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Dirgantara

Dengan lapangan kerja yang terbuka luas membuat prospek kerja bagi lulusan teknik dirgantara sangatlah mudah didapatkan. Karena umumnya perusahaan dan industri penerbangan selalu membutuhkan sumber daya manusia dari lulusan teknik dirgantara untuk dapat dapat membantu dalam berbagai aspek bidang.

Untuk teknik dirgantara di indonesia apalagi, prospek kerja tentunya juga terbuka luas bagi para lulusannya. Umumnya ada dua sektor peluang lapangan kerja baik di sektor perusahaan dan industri sebagai berikut.

  1. Industri manufaktur (PT. Dirgantara Indonesia)

  2. Industri komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI ), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar.

  3. Industri jasa, meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas).

Sedangkan untuk sektor lembaga lulusan teknik dirgantara juga diperlukan untuk dapat mengisi beberapa bidang yang dimiliki diantaranya:

  1. Lembaga penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN)

  2. Lembaga pendidikan (Perguruan tinggi, AAU, Sekbang-AU, dll.)

  3. Lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan)

Itulah sedikit penjelasan mengenai teknik kedirgantaraan yang dapat disampaikan. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan sehingga, tidak akan salah bila memilih jurusan ini untuk mendukung karir di dunia penerbangan. Selain itu, juga menjadi salah satu syarat untuk memiliki pengetahuan dengan menempuh pendidikan sesuai dengan karir penerbangan yang diinginkan.

Masih banyak informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar dunia penerbangan yang bisa dibaca hanya di laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto.