STTA SELENGGARAKAN WEBINAR…

STTA SELENGGARAKAN WEBINAR PKM DENGAN TEMA “MEWUJUDKAN IDE DALAM KARYA GENERASI ILMIAH BERPRESTASI”


Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA), pada hari Kamis (26/11) selenggarakan Webinar Workshop Karya Tulis Ilmiah dalam rangka peningkatan pembimbingan kegiatan Kemahasiswaan khusus Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Narasumbernya adalah Atyanti Dyah Prabaswari, S.T., M.Sc., yang merupakan Dosen dan Pembimbing dari Universitas Islam Indonesia. 

Kegiatan dengan tema “Mewujudkan Ide Dalam Karya Generasi Ilmiah Berprestasi” ini bertujuan untuk memotivasi dan memberi pencerahan bagaimana tip dan trik serta persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh dosen pembimbing dan mahasiswa agar bisa lolos PKM tingkat nasional. Peserta webinar kali ini tidak hanya diikuti oleh 230 mahasiswa yang berbagai prodi di STTA, tapi juga terbuka untuk dosen STTA. Pada saat kegiatan Ibu Atyanti sangat luar biasa dengan semangat yang “berapi-api” untuk menyampaikan materi apa dan bagaimana strategi yang harus kita persiapkan agar dapat eksis di PKM. Beliau juga mengatakan PKM itu adalah ajang kompetisi para Dosen. Jadi, peran dosen pembimbing sangat vital dan dominan dalam menggali serta menuangkan ide-ide pada proposal PKM mahasiswa, memberi perhatian dan motivasi kepada mahasiswa dengan tulus dan ikhlas. 

Untuk semua jenis PKM mahasiswa, hal pertama terpenting yang harus menjadi fokus dalam pembuatan proposal adalah mengikuti pedoman. Proposal harus benar-benar sesuai dengan yang digariskan dalam buku pedoman agar proposal tidak ditolak saat proses administrasi. Selanjutnya, baru ke tema, daftar pustaka, pendahuluan dan metode. Kalau ada salah satu bagian tersebut yang tidak cocok, proposal harus siap untuk ditolak. Peningkatan prestasi perguruan tinggi di bidang PKM, harus ditunjang oleh peran universitas yang signifikan. Hal ini sudah dilakukan oleh STTA, dengan memberikan dukungan dana bagi mahasiswa dalam pelaksanaan PKM jika proposalnya disetujui oleh pihak kampus.