WEBINAR DEPARTEMEN INFORMATIKA…

WEBINAR DEPARTEMEN INFORMATIKA STTA DALAM RANGKA OWWI 2020 “ IMPROVE YOUR CREATIVITY INDUSTRIAL ERA 4.0 BASED ON IOT AND ARTIFICIAL INTELLIGENCE”


One Week With Informatic (OWWI) merupakan agenda event tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HMF), Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). OWWI merupakan program kerja dari HMF dengan Ketua Panitia Rosalina, mahasiswa angkatan 2017, yang pada tahun ini semuanya dilaksanakan secara online dikarenakan situasi pandemi Covid-19. Salah satu agenda kegiatan OWWI 2020 ini adalah Webinar, dengan mengusung tema "Improve your creativity industrial era 4.0 based on IOT and Artificial Intelligence” menghadirkan pemateri Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng., Ph.D,. beliau selaku Pakar Teknologi Informasi Indonesia, namanya yang populer dengan serangkaian prestasi gemilang, karya, dan banyak penghargaan yang seringkali menghiasi laman-laman media, baik cetak, online, maupun televisi. Webinar ini dimoderatori oleh Hero Wintolo, S.T., M.Kom., selaku dosen Departemen Informatika STTA. Diawali dengan sambutan oleh Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs T.Ken Darmastono, M.Sc,.kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Departemen Informatika, Anggraini Kusumaningrum, S.Kom., M.Cs.


Pada webinar kali mengulas mengenai bagaimana meningkatkan  kreativitas industri dalam menghadapi era 4.0 khususnya dalam bidang Internet Of Things (IOT) dan Artificial Intelligence. Seperti kita ketahui  Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi penggerak revolusi industri 4.0 yang menjanjikan banyak kemudahan bagi sektor pemerintah maupun industri. Internet of Things (IoT) dan big data contohnya, dimana AI dapat diimplementasikan, teknologi yang telah banyak diadopsi di era industri 4.0 ini, mampu menghubungkan setiap perangkat. Seseorang dapat mengotomatisasi semua perangkat tanpa harus berada di lokasi, lebih dari itu, saat ini telah banyak mesin yang dapat menginterprestasi suatu kondisi atau kejadian tertentu dengan bantuan AI. Industri 4.0 sangat terkait dengan inovasi kreatif. Dalam beberapa dekade terakhir, inovasi menambahkan kompilasi melalui mobile application, cloud computing, dan big data yang bersama-sama menciptakan konsep baru untuk proses industrialisasi, dan menggeser model pasar ke era baru persaingan dan diferensiasi produk Industri 4.0 mewakili pergeseran menuju ekonomi berbasis inovasi dengan ilmu pengetahuan, data, dan IoT sebagai konsep yang terpusat. Hal ini akan mempengaruhi model pasar dan proses bisnis zaman industri saat ini, serta membuka jalan menuju era baru digitalisasi, jaringan sistem produksi yang "lebih pintar", dan proses bisnis yang saling berkaitan.


Dalam webinar ini pemateri secara praktis menyampaikan bagaimana kolaborasi antara IoT, AI, dan Big Data untuk mendukung industri 4.0. dipaparkan pula mengenai fungsi, tujuan dan implementasi IoT dan AI juga potensi-potensi resiko yang akan muncul, karena dalam pengaplikasian IoT dan AI ini tidak menjamin sepenuhnya aman. Harapannya dengan dilaksanakannya webinar ini, mahasiswa Departemen Informatika STTA, mampu bersiap dan berinovasi dalam  menghadapi Era Industri 4.0.