KOLABORASI PENGABDIAN…

KOLABORASI PENGABDIAN MASYARAKAT DEPARTEMEN TEKNIK INDUSTRI DAN DEPARTEMEN INFORMATIKA “PELATIHAN IMPLEMENTASI WEBSITE UNTUK PROMOSI PRODUK UNGGULAN DAN OBYEK WISATA DI KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL”


Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang dengan cepat. Hampir sebagian besar dari kegiatan manusia memanfaatkan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi dan komputerisasi telah memunculkan apa yang dikenal sebagai internet dan world wide web. Hadirnya internet, ternyata berdampak yang positif bagi perkembangan suatu desa, kecamatan, atau kabupaten untuk memperkenalkan, menginformasikan, potensi daerah yang dimilikinya. Hal ini terbuktikan pada beberapa daerah di Indonesia yang telah berhasil memanfaatkan fasilitas internet untuk memperkenalkan destinasi wisata kepada dunia.

Kecamatan Patuk merupakan pintu gerbang untuk memasuki wilayah Kabupaten Gunungkidul. Di Kecamatan Patuk terdapat beberapa tempat wisata seperti Kampoeng Emas, gunung api purba dan embung Nglanggeran. Selain itu juga terdapat potensi produk makanan olahan dari bahan-bahan hasil alam dan pertanian di Kecamatan Patuk. Selain itu juga terdapat potensi kerajinan masyarakat seperti kerajinan logam dan batik amarilis. Potensi produk unggulan di kecamatan Patuk yang sudah berkembang di masyarakat ini, belum banyak dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

Pada  Kamis, (07/02) lalu, Departemen Teknik Industri dan Departemen Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengadakan Pelatihan Implementasi Website Untuk Promosi Produk Unggulan dan Obyek Wisata di Kecamatan Patuk. Diwakili oleh 3 dosen diantaranya, Uyuunul Mauidzoh, S.T.,M.T., dari Departemen Teknik Industri, Astika Ayuningtyas, S.Kom., M.Cs., dan Yuliani Indrianingsih, S.T., M.Kom,. dari Departemen Informatika. Bertempat di kantor BKAD Pathuk, Gunungkidul, kegiatan pengabdian ini diisi dengan sosialisasi pengenalan dan pelatihan website kepada aparatur BKAD dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Patuk. Dengan kegiatan pengabdian ini, diharapkan di era digital informasi global ini,  para pelaku UMKM dapat memaksimalkan penggunaan website untuk untuk mempromosikan produk unggulan masing-masing desa yang ada di kecamatan Patuk Gunungkidul, sehingga bermanfaat bagi pengembangan kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.