KEGIATAN PENGABDIAN…

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN STTA “PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM” DI KECAMATAN PATUK GUNUNGKIDUL


Perkembangan teknologi dan internet saat ini sangat pesat dan peluang bisnis melalui media sosial sudah menjadi tren, salah satunya adalah media sosial Instagram.Permasalahan yang terdapat di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik masyarakat perdesaan, yaitu belum banyak melakukan pemasaran secara online, sehingga pasar yang dituju tidak terjangkau secara luas. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis online yaitu konsumen lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang ditawarkan, produsen lebih dekat dengan konsumen karena dapat berinteraksi langsung melalui media sosial dan brand/ citra produk yang ingin ditanamkan akan mudah dipahami oleh konsumen.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi merupakan salah satu kewajiban tenaga pendidik atau dosen untuk ikut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan penelitian dan pengabdian tersebut juga merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai tenaga pengajar, mereka didorong untuk melakukan pengabdian yang bersifat inovatif, berdaya saing, serta mampu memberikan identitas jati diri perguruan tinggi yang bersangkutan.

Kali ini Departemen Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini akan berlangsung selama 3 hari, dimulai Selasa lalu hingga hari ini (23 s/d 25 April 2019). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Anggraini Kusumaningrum, S.Kom., M.Cs., selaku Kepala Departemen Informatika, melibatkan para dosen Informatika, perwakilan mahasiswa serta alumni. Rangkaian kegiatan pengabdian tersebut meliputi pelatihan foto produk UMKM, bagaimana cara membuat foto produk UMKM tersebut agar tampak menarik, pelatihan animasi stop motion,  serta pemanfaatan social media Instagram untuk pemasaran produk UMKM.

Dengan fenomena saat ini yang serba menggunakan media digital, STTA sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang berfokus pada kemajuan teknologi ingin membagikan ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat  Patuk, Gunungkidul. Harapannya dengan memberikan pelatihan-pelatihan tersebut, misi yang diusung pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, bermanfaat untuk membantu memberikan wawasan dan ilmu bagaimana cara meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM tersebut,  sehingga produknya lebih dikenal masyarakat luas dengan cara yang efektif, efisien dan tepat sasaran.