VISITASI AKREDITASI…

VISITASI AKREDITASI PRODI D3 AERONAUTIKA STTA OLEH TIM ASESOR BAN - PT


Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan lembaga yang menaungi penjaminan mutu suatu perguruan tinggi untuk melihat kualitas Progam Studi, Fakultas, maupun Universitas sebagai tolak ukur dalam pemberian penilaian akreditasi. Program Studi Diploma Aeronautika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA), kali ini mendapat kunjungan pertama dari asesor BAN-PT, sejak mulai dibuka pada tahun 2015 lalu. Upaya persiapan sudah dilakukan oleh Departemen Aeronautika STTA dari beberapa waktu lalu, dengan mengadakan review borang dan evaluasi diri guna mengetahui penilaian awal akreditasi program  studi Aeronautika sebelum mendapatkan kunjungan dari BAN – PT.

Kamis, 21 Februari 2019 dua orang tim asesor dari BAN-PT untuk melakukan visitasi akreditasi progam studi Aeronautika STTA. Perwakilan tersebut adalah Drs. A. Nugroho Budi, S.SiT, M.T., dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, dan Dr. Ir. Leonardo Gunawan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua II Marsma TNI (Purn) Wahyudi Sumarwoto, S.E., M.Si., Wakil Ketua III Kol.Sus (Purn) Drs. Suhanto, M.T, Kepala Departemen Aeronautika, M. Jalu Purnomo, S.T.,M.Eng. beserta para Kepala Departemen, Kepala Bagian, dan pejabat lainnya.

Acara diawali dengan sambutan oleh Wakil Ketua III, kemudian dilanjutkan dengan paparan secara umum mengenai Departemen Aeronautika. Sesi selanjutnya merupakan diskusi dan klarifikasi borang yang melibatkan, Wakil Ketua, P2M, P3M, dan Kepala Departemen Aeronautika beserta jajarannya yang turut mendampingi tim asesor BAN-PT dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan verifikasi data, assessment lapangan, dan wawancara terhadap pengguna, mahasiswa, dan alumni untuk mendapatkan data yang benar-benar valid. Kunjungan BAN-PT ini akan diakhiri dengan penandatangan berita acara assessment lapangan oleh pimpinan STTA dan asesor. Harapannya dengan adanya visitasi ini, Departemen Aeronautika memperoleh nilai akreditasi sesuai dengan yang diharapkan, serta sebagai sarana evaluasi untuk semakin meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan.