WORKSHOP KARYA TULIS…

WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH DAN PKM 2018 DI STTA


Bagian Kemahasiswaan kampus Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) dalam upaya menggalakkan minat penelitian dikalangan mahasiswa, menggelar kegiatan Workshop Karya Tulis Ilmiah dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema “PKM Sebagai Wujud Nyata Kreativitas Mahasiswa. PKM merupakan bagian dari program Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) yang ditujukan untuk para mahasiswa guna menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif mahasiswa dalam berkegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Kegiatan PKM ini mendapatkan respon yang positif dikalangan mahasiswa maupun Perguruan Tinggi. Hal tersebut tercermin dari kecenderungan peningkatan jumlah Perguruan Tinggi yang ikut berpartisipasi dalam program ini dan usulan pengajuan proposal.

Guna mengakomodasi hal tersebut, dalam Workshop yang digelar hari ini Sabtu (29/09) di Ruang Adisutjipto,  STTA mengundang pembicara Dr. Pujianto, S.Pd., M.Pd peraih medali emas dalam kategori poster, peraih medali perak dalam kategori presentasi dalam PKM bidang Kewirausahaan di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 tahun 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sementara hadir dari STTA Kabag Kemahasiswaan Rindu Alriavindra Funny S.Pd., M.Sc beserta stafnya Saryanto. S. Kom, Henny Pratiwi S.T.,M.Eng selaku dosen Departemen Aeronautika, Abdul Haris S.,S.Si.,Apt., M.Sc. selaku dosen Teknik Mesin, dan Kabag Humas Catur Sudarmadi, S.E,. Wokshop ini diikuti oleh sekitar kurang lebih 300 mahasiswa STTA.

Dalam agenda Workshop kali ini disampaikan mengenai pembahasan mengenai cara-cara penulisan proposal PKM yang baik, serta strategi untuk sukses menyusun proposal yang dapat lolos terdanai menuju PIMNAS 2019. PKM sendiri terbagi menjadi tujuh (7) bidang kegiatan yang ditawarkan meliputi PKM Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Penulisan Ilmiah (PKM-I), PKM Karya Tulis (PKM-KT), dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC). PKM secara umum bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif dan inovatif, obyektif, kooperatif dalam mengasah intelektual. Semua program PKM mensyaratkan ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur penilaian utamanya. Diharapkan mahasiswa dan perguruan Tinggi memiliki gambaran PKM secara menyeluruh, sehingga dapat membuat perencanaan secara berkesinambungan mulai dari pengusulan proposal, pelaksanaan, monitoring sampai dengan pelaksanaan PIMNAS.