HARI INI KASAU RESMIKAN…

HARI INI KASAU RESMIKAN POLTEKKES TNI AU ADISUTJIPTO YOGYAKARTA


Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., hari ini, Senin (27/8), meresmikan Kampus Politeknik Kesehatan (POLTEKKES) TNI AU Adisutjipto, di lokasi Jl. Majapahit (Jl. Janti) Blok-R, Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Kampus yang terletak bersebelahan dengan Sekolah Tinggi Adisutjipto (STTA) tersebut, menempati area seluas 10.960 m2 yang terdiri dari 3 (tiga) bangunan utama, yakni Gedung Rektorat, Gedung untuk perkuliahan dan Gedung untuk ruang praktikum, masing – masing terdiri dari 2 (dua) lantai. Sesuai dengan kalender akademik yang sudah ditetapkan, bahwa setelah diresmikan oleh KASAU, pada awal September mendatang, POLTEKKES Adisutjipto sudah akan melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan didahului kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Lebih jauh dijelaskan oleh Ketua Umum (KETUM) Yayasan Adi Upaya (YASAU), Marsda TNI (Purn) Tabri Santoso, S.E., M.M., bahwa POLTEKKES Adisutjipto merpakan Perguruan Tinggi (PT) ke-6 (enam) yang dikelola oleh YASAU, masing – masing Universitas Suryadarma (UNSURYA) dan Akademi Keperawatan (AKPER) RSAU yang berlokasi di komplek Halim Perdana Kusuma Jakarta. Universitas Nurtanio (UNUR) dan POLTEKES TNI AU Cimbeuleuit di Bandung dan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) serta POLTEKKES TNI AU Adisutjipto di Yogyakarta. Menurutnya, bahwa POLTEKKES Adisutjipto menyelenggarakan tiga program studi, yakni D-III Radiologi, D-III Farmasi dan D-III Gizi. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Menristekdikti No: 165/KPT/I/2018, tanggal 2 Januari 2018.

 

Masih menurut Marsda TNI (Purn) Tabri Santoso, S.E., M.M., bahwa didirikannya POLTEKKES Adisutjipto ini dimaksudkan untuk ikut serta berperan aktif membantu pemerintah dalam ikut mencerdaskan bangsa. Disamping itu juga POLTEKKES Adisutjipto akan berupaya untuk mendidik generas muda pasca SMA dan SMK untuk disiapkan menjadi tenaga profesional ahli madya bidang kesehatan. Yang kelak dapat diharapkan akan mampu mengisi kebutuhan tenaga paramedis di lingkungan rumah sakit dan industri, baik di pemerintahan maupun swasta.

Dari keterangan Direktur POLTEKKES Adisutjipto, Drs. Purwanto Budi, S.Farm., M.M., menjelaskan bahwa secara fisik POLTEKKES Adisutjipto telah siap melaksanakan perkuliahan. Perangkat pendidikan maupun para dosen yang akan mengajar pun telah sesuai dengan kurikulum dari prodi masing – masing. Sehingga dapat diharapkan bahwa perkuliahan di POLTEKKES dapat berjalan dengan lancar dan baik, serta mampu menghasilkan lulusannya kelak seperti yang diharapkan kita semua.